Ragam Manfaat Ikan Gabus untuk Luka Operasi agar Cepat Pulih

Gambar 1 - Manfaat Ikan Gabus untuk Luka Operasi
Ilustrasi Luka Operasi pada Seseorang | Gambar: Freepik/Rawpixel com

Manfaat ikan gabus untuk luka operasi – Tindakan medis berupa operasi memang terkadang dibutuhkan untuk mengobati atau membedah sesuatu dengan tujuan tertentu di dalam dunia kesehatan. Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin membutuhkan tindakan operasi medis diatanranya kelahiran, mengobati penyakit tertentu, transpalasi organ, rekonstruksi dan sebagainya.

Namun jenis operasi medis sebenarnya dapat dibedakan hanya menjadi dua yaitu operasi kecil dan operasi besar. Tentunya tindakan operasi bedah atau medis seperti ini dapat menimbulkan bekas luka yang membutuhkan sejumlah cukup waktu untuk memulihkannya kembali. Nah, berkaitan dengan hal itu, ikan gabus dapat menjadi salah satu pilihan bahan makanan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka operasi. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu ulasannya!

Baca Juga: Melirik Potensi Ekstrak Ikan Gabus untuk Luka Diabetes Sebagai Pilihan Menjanjikan

Mengenali Sejenak Ikan Gabus dan Kandungannya

Ikan gabus atau yang memiliki nama latin channa striata merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak di jumpai di Indonesia. Rasanya cukup lezat dan harganya yang lumayan murah juga membuat ikan gabus biasa diolah menjadi berbagai hidangan santap. Meski begitu, ikan yang memiliki bentuk kepada seperti ular ini ternyata memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh Anda.

Melansir Data Komposisi Pangan Indonesia dan Balai Riset Perikanan KKP, ikan gabus yang umum berada di Indonesia memiliki nilai kandungan seperti air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, retinol (vitamin A), thiamin (vitamin B), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3). Selain itu, ikan gabus dipercaya memiliki kandungan protein albumin yang lebih tinggi dibanding ikan lain seperti ikan mas, ikan bandeng, ikan kakap, atau ikan sarden.

Ragam Manfaat Ikan Gabus untuk Luka Operasi

Gambar 2 - Manfaat Ikan Gabus untuk Luka Operasi
Ilustrasi Penyembuhan Luka Operasi | Gambar: Freepik/Jcomp

Ikan gabus memang memiliki kandungan yang bernilai baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara betul. Lantas, benarkah ikan gabus memiliki manfaat untuk luka operasi? Ya, ikan gabus memang memiliki manfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka bekas operasi karena adanya kandungan albumin yang tinggi. Berikut sejumlah ragam manfaat ikan gabus untuk luka operasi yang bisa Anda ketahui:

1. Manfaat Ikan Gabus untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan dari ikan gabus memang memiliki manfaat dalam mempercepat penyembuhan luka atau wound healing. Melansir SF Journal of Biotechnology and Biomedical yang berjudul Snakehead Fish (Channa striata) and Its Biochemical Properties for Therapeutics and Health Benefits, bahwa ikan gabus memiliki asam amino esensial dan asam lemak yang merupakan komposisi utama dalam penyembuhan luka pada tubuh manusia termasuk penyembuhan luka pasca operasi.

2. Manfaat Ikan Gabus untuk Mengurangi Rasa Sakit atau Nyeri Luka Operasi

Selain memberi manfaat untuk luka operasi, kandungan dalam ikan gabus juga dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada luka bekas operasi. Melansir Hindawi, sebuah artikel penelitian  berjudul Snakehead Consumption Enhances Wound Healing? From Tradition to Modern Clinical Practice, pada kandungan ikan gabus memiliki sifat anti-nosiseptif atau anti-nyeri yang efeknya mirip morfin tanpa menyebabkan efek perilaku adiktif. Hal ini tentu dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri terhadap bekas luka operasi.

Baca Juga: Yuk, Kenali Potensi dan Manfaat Ikan Gabus untuk Lambung

3. Manfaat Ikan Gabus untuk Pembentukan Jaringan Baru pada Luka Operasi

Manfaat ikan gabus untuk luka operasi selanjutnya ialah membantu pembentukan jaringan baru pada luka operasi. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran protein dan albumin yang terdapat di dalam kandungannya. Melansir salah satu jurnal kesehatan dari Universitas Brawijaya yang berjudul Albumin And Zinc Content Of Snakehead Fish (Channa striata) Extract And Its Role In Health, bahwa pemberian ekstrak ikan gabus pada pasein setelah operasi dapat mempercepat pembentukan jaringan baru. Sebab penyembuhan luka memang membutuhkan protein sebagai dasar pembentukan jaringan kolagen.

4. Manfaat Ikan Gabus untuk Mempercepat Proses Inflamasi Luka Operasi

Penyembuhan luka juga tergantung pada besar atau kecilnya luka yang Anda alami. Semakin besar luka maka semakin lama proses penyembuhannya. Nah, Inflamasi (peradangan) merupakan salah satu tahapan proses penyembuhan luka pada tubuh. Berdasarkan jurnal ilmu kesehatan kulit dan kelamin Universitas Airlangga, kandungan albumin dan zinc pada ekstrak ikan gabus memiliki peran manfaat untuk mengurangi inflamasi dan dan merangsang re-epitalisasi sehingga kemampuan fagositosis pada sistem imun dan proses penghancuran mikroba meningkat.

Berbagai Jenis Luka yang Bisa Dibantu Oleh Manfaat Ikan Gabus

Gambar 3 - Manfaat Ikan Gabus untuk Luka Operasi
Ilustrasi Ikan Gabus | Gambar: Dokumen Foto Fitbumin

Manfaat ikan gabus untuk luka operasi memang beragam, lalu jenis luka operasi apa saja yang dapat dipercepat proses penyembuhannya dengan ekstrak ikan gabus? Berikut sejumlah jenis luka operasi yang bisa dibantu oleh manfaat ikan gabus:

  • Luka operasi caesar
  • Luka operasi sunat
  • Luka bakar
  • Luka jatuh
  • Luka sayatan benda tajam
  • Luka diabetes
  • Luka operasi bedah
  • Luka operasi penyakit

Baca Juga: 4 Manfaat Ikan Gabus untuk Kulit dan Kecantikan yang Disukai Wanita!

Memilih Ekstrak Ikan Gabus Sebagai Pilihan Praktis Setelah Luka Operasi

Dibalik penampilannya yang mirip dengan kepa ular, ikan gabus ternyata memang memiliki banyak manfaat yang salah satunya untuk berbagai luka operasi. Tidak dapat dimungkiri bahwa hal ini bisa terjadi berkat adanya kandungan berupa protein albumin dan kandungan lainnya di dalam tubuh ikan gabus.

Sebagai seseorang yang menjalani operasi tentunya Anda menginginkan proses penyembuhan yang cepat sehingga dapat kembali beraktivitas seperti semula. Oleh sebab itu, ikan gabus bisa menjadi pilihan menjanjikan dalam membantu Anda mempercepat penyembuhan luka operasi.

Meski begitu, tidak semua orang menyukai untuk menyantap makanan olahan ikan terutama ikan gabus. Apalagi tentunya Anda perlu mengolah ikan gabus terlebih dahulu dengan cara yang tepat sehingga kandungan nutrisinya tidak berkurang banyak. Hal ini pastinya merepotkan terlebih jika dilakukan tiap hari selama masa penyembuhan.

Maka dari itu, Fitbumin Haruan hadir sebagai solusi praktis dalam memperoleh manfaat ekstrak ikan gabus yang bisa membantu proses penyembuhan luka operasi Anda. Kapsul ekstrak albumin tentunya akan lebih praktis dan mudah dikonsumsi dan dibawa ke mana saja saat Anda butuhkan.

Adanya proses ekstrasi memakai alat ekstraktor suhu rendah membuat kandungan protein albumin dan nutrisi lain tetap terjaga dengan baik atau tidak berkurang di dalam Fitbumin Haruan. Dengan ikan gabus hasil budidaya organik yang terstandar modern, membuat kualitas ekstrak ikan gabus Fitbumin Haruan juga lebih unggul karena protein albuminnya mencapai 80% yang tertinggi di antara ekstrak ikan gabus lainnya.

Dengan mengonsumsi Fitbumin Haruan, luka operasi yang Anda alami akan jauh lebih cepat bahkan 2 kali lebih cepat sembuh dibanding dengan penyembuhan secara normal.

Itulah ulasan tentang ragam manfaat ikan gabus untuk luka operasi agar cepat pulih yang bisa Anda simak. Untuk bisa memperoleh atau membeli produk Fitbumin Haruan, Anda bisa beli melalui tautan ini!

Konsultasi Gratis