Apakah Benar Kegunaan Ikan Gabus untuk Luka Jahitan? Cek Fakta dan Penjelasannya!

Gambar 1 - Ikan Gabus untuk Luka Jahitan
Ilustrasi Luka Jahitan | Gambar: Pexels.com/@cottonbro

Ikan gabus untuk luka jahitan – Setiap terjadinya luka pada tubuh Anda tentu membutuhkan proses dan waktu untuk menyembuhkannya. Ada luka yang timbul karena kecelakaan atau ketidaksengajaan, ada juga luka yang diakibatkan oleh tindakan yang disengaja seperti luka operasi. Tidak jarang luka yang timbul akan dijahit sebagai tindakan medis untuk menyatukan goresan atau sayatan.

Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari cara untuk mempercepat proses penyembuhan luka termasuk luka jahitan. Nah, ikan gabus dikenal sebagai salah satu sumber bahan alami yang dipercaya memiliki kegunaan dan manfaat terhadap memulihkan bekas luka. Lalu, benarkan hal tersebut? Yuk, mari cek fakta dan penjelasannya di ulasan berikut ini!

Baca Juga: Ragam Manfaat Ikan Gabus untuk Luka Operasi agar Cepat Pulih

Apakah Ikan Gabus Bisa Menyembuhkan Luka Jahitan?

Prosedur menjahit luka memang merupakan salah satu tindakan medis yang paling umum dan normal dilakukan untuk menutup beberapa jenis luka yang terbuka lebar. Beberapa luka sayatan besar seperti operasi caesar atau sesar dan luka yang serius dan dalam menimbulkan pendarahan biasanya perlu ditangani secara medis dengan cara menjahit luka.

Di Indonesia, ikan gabus dipercaya dari sejak dahulu sebagai sumber makanan alami yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Lantas, apakah ikan gabus bisa menyembuhkan luka jahitan? Jawabannya memang ikan bisa dapat membantu menyembuhkan luka termasuk luka jahitan.

Melansir E-Journal Unair, ikan gabus untuk luka jahitan bisa dimanfaatkan karena memiliki kandungan albumin yang tinggi dan mengonsumsinya akan meningkatkan kadar albumin di dalam darah. Peningkatan kadar albumin dapat berdampak positif pada proses perbaikan jaringan sel yang rusak  dan diikuti dengan pembentukan kembali sel epitel epidermis kulit.

Berapa Lama Luka Jahitan Bisa Sembuh Total?

Gambar 2 - Ikan Gabus untuk Luka Jahitan
Ilustrasi Luka Jahitan di Tangan | Gambar: Pexels.com/@cottonbro

Untuk lama waktu penyembuhan luka jahitan memang bisa berbeda-beda setiap masing-masing orang yang juga tergantung kondisi lebar lukanya juga. Pada ibu hamil yang melakukan operasi caesar, luka jahitan bisa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Melansir penjelasan dr. Luh Putu dari Alodokter, luka operasi sesar atau caesar biasanya berlangsung 4-6 minggu setelah operasi, akan tetapi untuk bisa sembuh total atau 100% sembuh bisa membutuhkan waktu hingga 3 bulan atau 12 minggu.

Selain tergantung kondisi lebar luka, lamanya suatu luka jahitan dilepas atau dibuka juga bergantung pada lokasi jahitannya. Tentunya luka jahitan pada bagian persendian bisa memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan luka jahitan yang ada di paha atau wajah.

Berikut perkiraan jangka waktu luka jahitan bisa dibuka atau dilepas:

  • Luka jahitan di kepala atau wajah: waktu penyembuhan 4-5 hari.
  • Luka jahitan di lengan dan punggung tangan: waktu penyembuhan 7 hari.
  • Luka jahitan di leher: waktu penyembuhan 7 hari.
  • Luka jahitan di dada, punggung, kaki (paha, betis), perut, kulit kepala: waktu penyembuhan 7-10 hari.
  • Luka jahitan di telapak kaki, telapak tangan, jari-jari tangan, dan kaki: waktu penyembuhan 12-14 hari.

Berapa Anjuran Makan Ikan Gabus untuk Luka Jahitan?

Ikan gabus atau yang memiliki nama ilmiah channa striata memang terbukti memiliki kegunaan dalam mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh dengan cara dikonsumsi langsung atau melalui ekstraknya. Apabila mengolah ikan gabus untuk luka jahitan menjadi masakan, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari untuk membuat luka jahitan cepat menjadi kering.

Anda dapat mengolahnya menjadi masakan seperti ikan gabus kukus, tumis ikan gabus, ikan gabus panggang, hingga sup ikan gabus. Jika tidak mau repot, Anda bisa memilih mengonsumsi ekstrak ikan gabus sebanyak 3 kali sehari atau sesuai anjuran yang diterapkan di dalam kemasannya.

Bagaimana Cara agar Luka Jahitan Cepat Kering?

Gambar 3 - Ikan Gabus untuk Luka Jahitan
Ilustrasi Luka yang Diperban | Gambar: Pexels.com/@cottonbro

Agar luka jahitan menjadi cepat kering, Anda tidak boleh sembarang dalam merawat luka dan mengonsumsi makanan. Berikut beberapa cara agar luka jahitan Anda menjadi cepat kering:

  1. Jaga kebersihan luka jahitan
  2. Pastikan luka jahitan dalam kondisi selalu kering
  3. Ganti perban luka jahitan secara berkala
  4. Gunakan salep untuk luka dari dokter
  5. Perbanyak istirahat dan minum air putih
  6. Hindari aktivitas berat dan paparan langsung matahari
  7. Konsumsi obat antibiotik atau antiradang
  8. Cukupi asupan makanan bergizi dan sehat

Baca Juga: Melirik Potensi Ekstrak Ikan Gabus untuk Luka Diabetes Sebagai Pilihan Menjanjikan

Solusi Praktis Mengonsumsi Ekstrak Ikan Gabus untuk Luka Jahitan dengan Fitbumin Haruan

Luka yang dijahit memang biasanya merupakan luka yang disebabkan oleh sayatan besar seperti tindakan operasi caesar atau bekas luka kecelakaan yang dalam. Maka dari itu, proses penyembuhan lukanya pun membutuhkan waktu yang lebih lama serta proses perawatan luka yang tepat agar luka tidak infeksi atau kembali meradang.

Untuk itu, mengonsumsi ikan gabus dapat menjadi pilihan yang tepat dalam upaya mempercepat proses penyembuhan luka seperti luka bekas jahitan. Meski begitu, bukan perkara mudah untuk mengolah dan memasak ikan gabus setiap hari secara konsisten selama proses penyembuhan luka jahitan berlangsung. Sebab tidak semua orang bisa dan memiliki waktu dalam memasak ikan gabus secara tepat agar kandungan protein albumin di dalamnya tetap terjaga baik.

Salah satu cara agar luka jahitan menjadi cepat kering ialah dengan mencukupi asupan makanan bergizi dan sehat. Untuk membantu Anda, Fitbumin Haruan hadir sebagai solusi praktis dalam mengonsumsi ekstrak ikan gabus untuk luka jahitan yang kaya akan asupan gizi di dalamnya. Terbuat dari ekstrak ikan gabus organik pilihan yang dibudidaya secara modern kemudian melalui proses ekstrak dengan alat ekstraktor suhu rendah sehingga kandungan protein tetap terjaga atau tidak berkurang.

Fitbumin Haruan memiliki kandungan protein albumin mencapai 80% sehingga menjadi salah satu produk dengan protein albumin tertinggi di Indonesia. Dengan mengonsumsi Fitbumin Haruan, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan luka jahitan dengan lebih cepat sekaligus meningkatkan imun serta mencukupi kebutuhan gizi harian tubuh.

Demikian ulasan mengenai apakah benar kegunaan ikan gabus untuk luka jahitan? cek fakta dan penjelasannya. Untuk memperoleh dan membeli Fitbumin Haruan, Anda bisa langsung mengklik gambar produk atau melalui tautan link pembelian berikut ini.

Konsultasi Gratis