Cocok untuk Bayi, Ini 8 Jenis Sayuran untuk MPASI yang Bisa Bunda Olah!

Gambar 1 - Sayuran untuk MPASI
Ilustrasi Sayuran untuk MPASI | Gambar: Freepik

Sayuran untuk MPASI – Bayi memang membutuhkan ASI sebagai makanan utamanya, namun setelah menginjak usia 6 bulan bayi membutuhan asupan tambahan yang dikenal sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI. Salah satu sumber bahan MPASI yang memiliki nilai nutrisi ialah sayur-sayuran.

MPASI perlu Bunda kenalkan kepada Si Kecil pada usia itu agar asupan kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi secara maksimal. Bahkan World Health Organization (WHO) dan ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan pemberian MPASI saat bayi sudah berusia 6 bula, lho Bun.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Bunda, Bolehkah MPASI Pakai Garam? Simak Jawabannya!

Di samping itu, IDAI juga merekomendasikan untuk rentang usia bayi 6-8 bulan komposisinya adalah diberikan 70% ASI dan 30% MPASI, sementara usia bayi 9-11 bulan komposisinya yaitu 50% ASI dan 50% MPASI.

Bunda juga perlu mengetahui bahwa MPASI yang diberikan kepada bayi haruslah mengandung gizi yang seimbang mencakup karbohidrat, protein (terutama sumber hewani), lemak, buah dan/atau sayur.

Kebaikan Memberikan Sayuran untuk MPASI Bayi

Komposisi MPASI yang Bunda berikan kepada Si Kecil memang perlu diperhatikan sebab MPASI yang baik haruslah mengandung gizi yang seimbang. Sayuran dapat menjadi salah satu bahan baku MPASI yang dapat Bunda pilih karena memberikan banyak kebaikan untuk bayi.

Melansir Momjuction, sayuran memiliki kandungan yang kaya akan mikronutrien esensial, serat makanan, dan senyawa bioaktif. Zat-zat yang ada pada sayur-sayuran memiliki sejumlah kebaikan untuk kesehatan bayi di antaranya ialah sebagai sumber energi, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, hingga kesehatan kognitif.      

Ragam Jenis Sayuran untuk MPASI

Nah, sekiranya apa saja yah Bunda, jenis sayuran yang cocok untuk MPASI bayi? Berikut sejumlah ragam jenis sayuran untuk MPASI yang bisa Bunda simak dan ketahui:

1. Wortel

Pilihan jenis sayuran untuk MPASI yang pertama bisa Bunda berikan adalah wortel. Sayuran ini mudah di dapat dan memiliki kandungan yang kaya akan beta karoten dan vitamin A. Selain itu, Bunda juga bisa menjadikan wortel sebagai pewarna MPASI.

Terdapat juga vitamin dan mineral lain seperti vitamin C, zat besi, kalsium dan kandungan lainnya. Bunda bisa menjadikan wortel sebagai MPASI dengan cara mengukus wortel hingga empuk lalu kemudian membuatnya menjadi semacam bubur lembut atau puree.

2. Bayam

Banyak diantara para ibu di Indonesia yang menjadikan bayam sebagai bahan MPASI untuk Si Kecil. Diketahui bahwa bayam memang merupakan salah satu sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit pada bayi, lho Bunda.  

Selain hal itu, bayam juga memiliki nilai nutrisi dengan adanya kandungan berupa zat besi, kalsium, selenium, vitamin c, asam folat dan zat lainnya. Dengan kandungannya tersebut, bayam dapat membantu menguatkan tulang hingga meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Biasanya bayam dijadikan sebagai bubur lembut atau puree lalu dikombinasikan dengan suiran daging halus.

3. Ubi

Sayuran untuk MPASI selanjutnya adalah ubi. Untuk Bunda ketahui, tanaman ubi termasuk juga dalam sayuran umbi-umbian atau akar, lho. Rasa dasarnya yang manis alami membuat ubi digemari Si Kecil untuk Bunda jadikan MPASI.

Dibalik rasanya tersebut, ubi memiliki kandungan yang juga baik untuk bayi seperti adanya karbohidrat, protein, kalsium, serat, zat besi, kolin, vitamin C dan kandungan lainnya. Ubi dapat Bunda sajikan untuk Si Buah Hati dengan cara dibuat bubur puree ubi, bola ubi, hingga bubur sumsum ubi. MPASI ubi juga dapat dikombinasikan dengan buah pisang atau apel, yah Bun.

4. Brokoli

Gambar 2 - Sayuran untuk MPASI
Ilustrasi MPASI Sayur Brokoli | Gambar: Freepik

Salah satu sayuran hijau yang terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi adalah brokoli. Sayuran hijau satu ini juga memiliki jumlah kalori yang rendah namun terdapat nutrisi yang tinggi di dalamnya. Maka dari itu, brokoli dapat menjadi pilihan bagi Bunda sebagai MPASI.

Melansir laman berita Universitas Airlangga, terdapat kandungan karbohidrat kompleks, serat, protein, kalsium, kalium, fosfor, zinc, zat besi hingga asam folat. Sejumlah vitamin juga banyak dimiliki oleh brokoli seperti vitamin A, B, C, E dan K.

Baca Juga: Bunda Perlu Paham! Ini Panduan dan Persiapan MPASI 6 Bulan pada Bayi

5. Labu Siam

Sebagian dari Bunda mungkin mengenal labu siam sebagai lalapan sayur yang disantap dengan campuran sambal. Nah, ternyata nih Bunda, labu siam dapat juga menjadi pilihan bahan sayuran untuk MPASI yang bagus untuk Si Kecil.

Rasa dasar yang cukup manis dan tekstur yang lembut dapat menjadi faktor yang disukai oleh bayi. Mengetahui lebih dalam, labu siam memiliki kandungan berupa serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, beta karoten, asam folat, vitamin B1 hingga vitamin C. MPASI labu siam dapat dibuat dengan dijadikan puree labu siam atau bubur labu siam ditambah potongan kecil hati ayam.  

6. Kentang

Selain ubi, kentang dapat menjadi bahan baku MPASI sayur umbi-umbian. Kentang dikenal sebagai salah satu sumber pangan yang kaya akan karbohidrat selain nasi. Di samping itu, kentang juga memiliki nilai nutrisi lain yang dapat membantu tumbuh kembang bayi.

Terdapat kandungan berupa protein, asam folat, mineral, vitamin B, vitamin C hingga serat. Bunda bisa membuat MPASI dari kentang dengan cara mengukusnya agar kandungan nutrisi tetap terjaga. Setelah dikukus, kentang bisa Bunda haluskan untuk dijadikan bubur kentang sebagai MPASI Si Kecil yang ditambah dengan sajian sedikit potongan buah atau daging.

7. Labu Kuning

Labu kuning atau bisa disebut waluh di Indonesia biasa untuk dikonsumsi dalam olahan kolak atau sebagai makanan ringan. Biji labu kuning juga disebut kuaci dan banyak dikonsumsi sebagai makanan ringan. Dibalik itu, waluh memiliki kandungan nutirisi yang bagus untuk bayi, lho Bun.

Labu kuning dapat menjadi sayuran untuk MPASI karena kaya akan kandungan berupa karbohidrat, protein, vitamin, lemak baik sampai mineral. Tekstur labu kuning yang lembut juga sangat cocok sebagai MPASI bayi. Bunda dapat mengombinasikan MPASI labu kuning dengan irisan telur rebus atau MPASI kentang hingga pisang.

8. Buncis

Bunci menjadi jenis sayuran untuk MPASI yang terakhir di ulasan kali ini. Tahukah Bunda bahwa kacang-kacangan seperti buncis juga termasuk sayuran? Ya, buncis memang dapat menjadi salah satu sumber nutrisi yang bagus untuk dijadikan MPASI bagi Si Kecil.

Rasa manis alami pada Buncis juga dapat menjadi hal yang akan disukai bayi. Untuk nutrisi, Buncis memiliki kandungan berupa karbohidrat, protein, serat, kalium, vitamin A, B, C, K, serat hingga asam folat. MPASI buncis dapat Bunda sajikan dengan cara dihaluskan atau menjadi puree yang kemudia bisa dipadu dengan MPASI wortel atau daging hingga telur.

Bolehkah MPASI Banyak Sayur?

Sayur dapat digunakan sebagai bahan atau bagian MPASI untuk bayi. Akan tetapi, apakah boleh jika MPASI mengandung banyak sayur? Melansir Tempo, Dokter spesialis anak yang juga konsultan nutrisi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif Sp.A(K) mengatakan bahwa sayur memang dapat ditambahkan pada MPASI namun tidak boleh banyak.

Hal ini dijelaskan karena sayuran yang terlalu banyak membuat bayi menjadi cepat dan lama kenyang akibat asupan serat yang tinggi. Dengan begitu, bayi bisa tidak mendapat cukup nutrisi dari asupan utama atau lain seperti ASI karena kondisi perut yang cepat kenyang. Maka dari itu, untuk bayi di bawah 2 tahun perlu dibatasi jumlah asupan sayur dan buahnya.

Baca Juga: Bikin Anak Cerdas! 5 Plihan Ikan untuk MPASI Bayi yang Bunda Bisa Berikan

Imbangi MPASI dengan Menjaga Kualitas ASI Sebagai Nutrisi Utama Bayi

MPASI memang membantu bayi dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkannya dalam pertumbuhan. Akan tetapi, ASI masih menjadi asupan nutrisi utama yang perlu lebih dahulukan oleh Bunda. Maka dari itu, ASI dan MPASI harus saling melengkapi agar Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kualitas ASI yang baik dapat menjadi faktor penentu kesehatan dan perkembangan anak. Hal ini ini juga dapat memengaruhi berat badan bayi agar naik stabil serta volume atau jumlah ASI yang bisa mencukupi kebutuhan Si Kecil.

Agar kualitas ASI Bunda selalu terjaga, Fitbumin Vilaktin hadir sebagai solusi praktis dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui agar kualitas ASI terjaga serta menjadi lancar. Terbuat dari bahan baku alami pilihan yang ideal untuk ibu menyusui yaitu ekstrak katuk, bayam, rumput laut hingga ikan gabus.

Dengan mengonsumsi Fitbumin Vilaktin, Bunda tidak perlu khawatir lagi akan kualitas ASI untuk Si Buah Hati!

Itulah ulasan mengenai 8 jenis sayuran untuk MPASI yang bisa Bunda olah dan cocok untuk bayi. Untuk mendapatkan dan membeli Fitbumin Vilaktin, Bunda bisa klik tautan berikut ini!

Konsultasi Gratis