Sudahkah Bunda Tahu? Kenali 7 Penyebab Bayi Susah Menyusu

Gambar 1 - Bayi Susah Menyusu
Ilustrasi Bayi Susah Menyusu | Gambar: Freepik/Jcomp

Bayi susah menyusu – Secara naluri alami, seorang bayi akan menyusu kepada ibunya ketika ia merasa lapar ataupun haus. Namun, adakalanya bayi menjadi susah untuk menyusu atau enggan meminum ASI karena sesuatu hal.

Sebagai orang tua, Bunda tentu menjadi pusing dan cemas akan kondisi ini. Padahal seperti Bunda ketahui bahwa ASI merupakan asupan makanan dan minuman utama bayi yang dapat memenuhi kebutuhan energi dan nutrisinya. Sehubungan dengan hal ini, maka Bunda perlu mengetahui juga penyebab bayi susah menyusu.

Baca Juga: Bisa Jadi Pahit bagi Bayi Bunda, Waspadai 9 Faktor yang Membuat Rasa ASI Ibu Menyusui Berubah

Ragam Penyebab Bayi Susah Menyusu

Untuk Bunda ketahui, sebenarnya terdapat banyak faktor atau penyebab yang membuat bayi menjadi susah atau enggan menyusu. Apabila hal ini dibiarkan terus maka dapat berdampak pada kesehatan dan berat badan bayi yang seharusnya terjaga atau naik secara bertahap. Berikut beberapa ragam penyebab bayi susah menyusu yang bisa Bunda simak!

1. Bayi Mengalami Sakit atau Tidak Enak Badan

Penyebab bayi susah menyusu yang pertama ialah bayi mengalami sakit atau tidak enak badan. Bayi yang masih dalam masa menyusu memang belum memiliki sistem kekebalan yang sempurna selayaknya orang dewasa. Maka dari itu, bayi juga dapat mengalami sakit seperti pilek, demam, atau tidak enak badan.

Hal ini secara langsung dapat memengaruhi bayi menjadi susah menyusu. Pilek atau flu dapat membuat hidung bayi tersumbat sehingga disaat menyusu menjadi tidak nyaman dan susah untuk menyusu serta bernapas secara bersamaan.

2. Terjadi Seriawan pada Mulut Bayi

Sakit seriawan dapat terjadi pada mulut bayi dan sering terjadi. Bunda dapat mengenali terjadinya seriawan pada bayi dengan tanda seperti adanya bercak putih di lidah atau bibir bayi yang terlihat pucat. Seriawan dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan susah menyusu, lho Bunda.

Hal tersebut dapat dipahami karena mungkin terdapat luka di gusi, bibir hingga langit-langit mulut yang membuat bayi merasa sakit atau perih ketika menyusu. Seriawan juga berpotensi menyebar ke sistem pencernaan bayi yang dapat membuat terjadinya ruam popok apabila tidak disembuhkan.

3. Rasa ASI Bunda Berubah Karena Sesuatu

Penyebab lain yang sering membuat bayi susah menyusu adalah rasa ASI Bunda yang berubah karena sesuatu. Perubahan rasa ASI dapat terjadi karena adanya hormon yang berubah dalam tubuh Bunda yang kembali mengalami menstruasi atau bahkan kehamilan.

Melansir laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), rasa pada ASI dapat berubah sesuai dengan asupan makanan yang Bunda konsumsi. Sebagai contoh, apabila Bunda sering memakan makanan yang pedas maka bisa memegaruhi rasa ASI sehingga tidak disukai Si Kecil yang membuatnya susah menyusu.

4. Kondisi Puting Bunda yang Datar atau Rata

Ilustrasi Bayi yang Menangis | Gambar: Pexels/Sarah Chai

Kondisi puting Bunda yang datar atau rata bisa menjadi salah satu penyebab bayi susah menyusu. Setiap wanita memang memiliki bentuk puting yang berbeda-beda. Pada beberapa kasus, puting yang datar atau rata pada ibu menyusui dapat membuat bayi susah menghisap atau ASI menjadi kurang lancar.

Untuk hal ini, Bunda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yaitu menggunakan pompa payudara atau merangsang puting sebelum memberikan ASI agar dapat membantu kondisi puting yang datar menjadi tertarik keluar.

5. Bayi Mengalami Stres Akibat Ada Gangguan Tertentu

Apakah Bunda tahu bahwa bayi juga dapat mengalami stres? Ya, bayi ternyata dapat mengalami stres juga seperti orang dewasa akibat ada gangguan tertentu. Melansir Mayo Clinic, stimulasi berlebih, penundaan menyusui, atau perpisahan Bunda dengan bayi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan bayi menjadi stres, rewel, dan susah untuk menyusu.

Selain itu, disaat Bunda tergigit oleh Si Kecil saat menyusu dan bereaksi berlebih akan hal itu dapat juga menimbulkan efek bayi menjadi takut dan stres. Bunda juga perlu memperhatikan suasana disaat memberi ASI atau menyusu dan meminimalisir gangguan tersebut agar bayi tenang dan terhidar dari stres. Contoh akibat gangguan tertentu seperti suara tv yang terlalu keras.

6. Jumlah ASI Sedikit atau Kurang Lancar

Setiap Bunda tentu menginginkan ASI yang dimiliki berlimpah dan lancar. Meski begitu, sebagian dari ibu menyusui mengalami kendala berupa jumlah ASI yang sedikit atau ASI yang kurang lancar. Hal demikian dapat menjadi penyebab lain dari bayi yang susah menyusu.

Si Kecil akan merasa marah dan stres apabila ketika ia menghisap puting Bunda namun hanya ada sedikit ASI atau bahkan tidak keluar sama sekali. Kekecewaan bayi dapat Bunda rasakan dengan sikapnya yang enggan-engganan untuk disusui kembali.

7. Bayi Mengantuk Berat

Penyebab bayi susah menyusu terakhir di pembahasan kali ini ialah bayi sedang mengantuk berat. Rasa kantuk yang teramat sangat dapat membuat bayi menjadi tidak mau untuk menyusu meskipun Bunda paksakan.

Pada dasarnya merupakan hal normal apabila bayi lebih sering tertidur. Melansir P2PTM Kementerian Kesehatan, bayi berumur 0-1 bulan umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 14-18 jam sehari, sedangkan bayi berumur 1-18 bulan membutuhkan waktu sebanyak 12-14 jam sehari. Di samping itu, apabila bayi mengalami sakit seperti pilek maka bisa lebih cepat mengantuk, lho Bunda.

Baca Juga: Sudahkah Bunda Sadar? Ini 5 Faktor Penyebab Produksi ASI Menurun dari Ibu Menyusui

Tips Mengatasi Bayi Susah Menyusu

Ilustrasi Bayi Tidur | Gambar: Pixabay/PublicDomainPictures 14

Bunda memang memiliki tugas yang berat sebagai seorang ibu, terlebih ketika bayi susah atau sulit untuk menyusu. Berikut ada beberapa tips yang bisa Bunda coba untuk mengatasi bayi yang susah menyusu:

  • Mengubah posisi menyusui yang lebih disukai bayi
  • Mengatasi gangguan yang dapat membuat bayi merasa tidak nyaman
  • Mengobati rasa sakit bayi yang terganggu saat menyusu karena sakit tertentu seperti sariawan
  • Bunda perlu lebih bersabar dan tidak bereaksi berlebih atau menakuti ketika bayi menggigit puting saat menyusu
  • Menyusui bayi dengan cara menggendong dan mengajaknya jalan agar bayi senang
  • Lakukan pompa ASI agar puting tidak datar dan ASI semakin lancar

Lengkapi Asupan Nutrisi Bunda agar ASI Lacar dan Berkualitas

Bayi yang susah menyusu memang memiliki beragam penyebab seperti yang sudah Bunda baca di atas. Salah satu penyebabnya adalah jumlah ASI sedikit atau kurang lancar sehingga membuat bayi menjadi stres dan kecewa saat menyusu.

Hal tersebut dapat diatasi dengan melengkapi asupan nutrisi Bunda yang sedang menyusui agar ASI lancar dan berkualitas. Nutrisi dapat Bunda peroleh dari beragam sumber makanan dan minuman bergizi tinggi. Selain itu, Bunda juga dapat memperoleh nutrisi dari komplemen pelengkap nutrisi tambahan yang saat ini bisa dibeli secara online ataupun offline.

Sudah tahukah Bunda tentang Fitbumin Vilaktin? Ya, Fitbumin Vilaktin merupakan komplemen pelengkap nutrisi tambahan yang khusus diformulasikan untuk ibu menyusui agar ASI menjadi melimpah dan berkualitas.

Terdapat kandungan ekstrak daun katuk, bayam, rumput laut, dan ikan gabus yang merupakan bahan baku alami bersifat laktagogum untuk menstimulasi, merangsang dalam  meningkatkan sekresi dan jumlah produksi ASI pada ibu menyusui.

Dengan mengonsumsi Fitbumin Vilaktin, Bunda dapat menjadi solusi dari ASI yang sedikit dan kurang lancar sebagai salah satu penyebab bayi susah atau sulit menyusu!

Itulah ulasan tentang 7 penyebab bayi susah menyusu untuk Bunda kenali dan ketahui. Untuk mendapatkan dan membeli Fitbumin Vilaktin, Bunda bisa klik tautan berikut ini!

Konsultasi Gratis