Penting Diketahui Bunda, 10 Manfaat Vitamin A untuk Anak

Gambar 1 - Manfaat Vitamin A untuk Anak
Ilustrasi Anak Kecil | Gambar: Freepik/Jcomp

Manfaat vitamin A untuk anak – Bunda, sudah tahukah bahwa vitamin A sangat penting dan berperan untuk kesehatan anak-anak? Ya, vitamin A merupakan salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Bahkan saking pentingnya asupan vitamin A bagi anak dan bayi, pemerintah Indonesia sampai membuat program pemberian suplementasi vitamin A dalam dosis tinggi pada bulan Februari dan Agustus untuk balita/bayi berumur 6-59 bulan atau hingga usia maksimal 4 tahun beserta ibu pasca melahirkan atau masa nifas.

Mengenal Vitamin A

Melansir Wikipedia, vitamin A merupakan salah satu dari jenis vitamin larut dalam lemak yang bermanfaat penting dalam pembentukan sistem/indera penglihatan manusia. Dalam vitamin A memiliki kandungan senyawa berupa retinol yang berperan aktif di tubuh. Kekurangan vitamin A dapat berakibat buruk bagi organ mata.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Stunting pada Anak Kecil, Orang Tua Wajib Tahu!

Peran Penting Vitamin A untuk Anak

Banyak dari masyarakat yang masih menganggap sepele vitamin A hanya untuk kesehatan mata atau penglihatan. Padahal, untuk Bunda ketahui bahwa vitamin A ternyata masih memiliki manfaaat lain bagi tubuh dan kesehatan.

Adanya kandungan retinol pada vitamin A berperan penting bagi anak dalam pembentukan dan produksi sel darah merah maupun antibodi serta peran bagi tubuh lainnya. Selain itu, peran penting vitamin A untuk anak ialah menjaga metabolisme sel-sel di retina mata agar tetap sehat dan berfungsi normal.

10 Ragam Manfaat Vitamin A untuk Anak

Gambar 2 - Manfaat Vitamin A untuk Anak
Ilustrasi Manfaat Vitamin A untuk Balita/Bayi | Gambar: Pexels/Cottonbro

Sebagai salah satu vitamin yang berperan penting bagi anak, tentunya vitamin A memiliki manfaat yang besar bagi kebutuhan dan kesehatan tubuh. Lebih lanjut, organisasi kesehatan dunia WHO bahkan merekomendasikan suplementasi vitamin A kepada anak dan bayi sebagai intervensi masalah kesehatan dan bagian dari pengobatan malnutrisi.

Maka dari itu, pemberian vitamin A sejak kecil penting untuk anak Bunda agar bisa menunjang pertumbuhan dan mencegah masalah kesehatan penglihatan. Melansir Promkes Kementerian Kesehatan dan Klikdokter, berikut ragam manfaat vitamin A untuk anak yang bisa disimak:

  1. Membantu meningkatkan daya tahan atau imun tubuh anak terhadap penyakit seperti campak dan diare
  2. Bermanfaat untuk membentuk sel darah merah
  3. Meningkatkan produksi antibodi tubuh anak
  4. Bermanfaat untuk meningkatkan sel limfosit dan sel darah putih untuk melawan bakteri, virus, atau racun yang menyerang tubuh
  5. Membantu melindungi anak dari infeksi saluran pernafasan
  6. Menjaga integritas sel epitel pelapis tubuh
  7. Mencegah kerusakan kornea mata dan kebutaan
  8. Mencegah terjadinya rabun senja pada anak
  9. Menjaga kesehatan sel rambut, kulit, dan kuku pada anak
  10. Membantu anak mencegah penyakit mata Xerophthalmia

Bahaya Kekurangan Vitamin A pada Anak

Perlu diwaspadai Bunda, terjadinya kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan bahaya dan dampak negatif bagi kesehatan anak. Beberapa bahaya yang bisa terjadi kepada anak diantaranya adalah:

– Anak/bayi rentan terserang penyakit infeksi

– Anak mengalami rabun senja

– Kondisi mata anak menjadi kering

– Terjadi kerusakan kornea pada mata

– Kekurangan vitamin A yang parah bisa menyebabkan kebutaan pada anak

Dosis/Kadar Vitamin A untuk Anak

Dalam memberikan dosis atau kadar vitamin A untuk anak tidak boleh sembarangan dan perlu ditakar sesuai kebutuhan dan anjuran medis. Melansir Panduan Suplementasi Vitamin A dari Kementerian Kesehatan, pemerintah Indonesia menggalangkan program pemberian vitamin A sebanyak 2 kali dalam setahun dengan klasifikasi sasaran dan dosis seperti berikut:

SasaranDosisFrekuensi
Bayi 6-11 bulanKapsul Biru (100.000 SI)1 Kali Pemberian (Februari/Agustus)
Anak Balita 12-29 bulan (umur 1-4 tahunan)Kapsul Merah (200.000 SI)2 Kali Pemberian (Februari dan Agustus)
Tabel Dosis Vitamin A untuk Anak | SI = Standar Internasional

Perbedaan Vitamin A Kapsul Merah dan Biru

Gambar 3 - Manfaat Vitamin A untuk Anak
Ilustrasi Kapsul Merah dan Biru Vitamin A | Gambar: Freepik

Dalam program suplementasi vitamin A yang dilakukan pemerintah, terdapat 2 jenis kapsul vitamin A berdosis tinggi yaitu kapsul merah dan kapsul biru. Tentunya sebagai orang tua, Bunda bertanya-tanya apakah perbedaan dari kedua kapsul tersebut?

Jawabannya adalah pada kapsul biru ditujukan kepada bayi usia 6-11 bulan dengan jumlah dosis sebanyak 100.000 SI, sedangkan kapsul merah diberikan kepada anak balita usia 12-59 bulan (umur 1-4 tahunan) dan ibu nifas atau ibu yang baru melahirkan dengan dosis sebanyak 200.000 SI.

Baca Juga: Biar Puasa Lebih Kuat, Ini 9 Ragam Manfaat Sari Kurma untuk Anak

Cara Mendapatkan Vitamin A untuk Anak

Sebagai salah satu bagian program pemerintah Indonesia dalam mengatasi permasalahan malnutrisi atau gizi buruk maka Bunda bisa mendapatkan kapsul vitamin A secara gratis melalui beragam fasilitas kesehatan umum seperti Posko Pelayanan Terpadu (posyandu), puskesmas, rumah sakit, Puskesmas Pembantu (Pustu), Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), Pondok Bersalin Desa (Polindes), balai pengobatan, praktik dokter, dan praktik bidan.

Sumber Vitamin A untuk Anak

Selain vitamin A dosis tinggi dari program pemerintah, Bunda juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin A harian dari beragam sumber pangan untuk si kecil. Berikut sejumlah sumber vitamin A untuk anak :

Sumber hewani yaitu daging sapi, ikan, hati ayam, susu, keju

Sumber nabati yaitu brokoli, bayam, wortel, semangka, pepaya, dan buah-buahan lainnya

Keterkaitan Daya Tahan Anak dengan Vitamin A yang Bunda Perlu Cermati

Pada masa pandemi COVID/Korona seperti saat ini, daya tahan dan sistem imun merupakan hal yang penting bagi anak dan Bunda agar terhidar dari bahaya ancaman virus dan penyakit. Nah, salah satu upaya yang bisa Bunda lakukan untuk si buah hati yaitu memperhatikan dan mencermati kecukupan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) yang termasuk vitamin A.

Vitamin A memang memiliki keterkaitan erat terhadap daya tahan dan kesehatan anak dengan perannya sebagai zat yang dapat membantu menjaga ketahanan fisik seperti kulit, sistem pernafasan, selaput organ, juga pencernaan.

Di samping itu, vitamin A juga memiliki peran penting untuk memperkuat sistem imun dan meningkatkan sel-sel darah putih yang melindungi tubuh dari serangan infeksi dari bakteri, virus, dan kuman.

Meski demikian, vitamin A saja tidak akan cukup untuk memenuhi beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Maka dari itu, Fitbumin Vemuno hadir sebagai pelengkap nutrisi dan gizi yang mengandung vitamin, mineral, protein, dan asam amino yang sangat baik bagi pertumbuhan dan sistem imun anak.

Dengan mengonsumsi Fitbumin Vemuno, Bunda bisa semakin tenang karena daya tahan tubuh si kecil menjadi lebih kuat terhadap ancaman virus dan penyakit!

Itulah ulasan tentang ragam manfaat vitamin A untuk anak yang bisa Bunda cermati dan pahami bagi kesehatan anak dan keluarga. Untuk memperoleh informasi detail mengenai produk Fitbumin Vemuno, Bunda bisa beli di tautan ini!