Apa Saja Manfaat Kapsul Albumin Ikan Gabus? Ketahui Dosis Aman dan Risiko Efek Sampingnya!

Topik manfaat kapsul albumin ikan gabus – Pada saat ini ikan gabus (Channa striata) semakin populer di tengah masyarakat Indonesia karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Dalam dunia keseahtan, ikan gabus memang sudah lama dikenal kaya akan albumin, protein yang berperan penting dalam pemulihan tubuh, terutama bagi pasien pasca-operasi.

Gambar 1 - manfaat kapsul albumin ikan gabus
Ilustrasi kapsul ikan gabus

Di Indonesia, permintaan terhadap ikan gabus meningkat setiap tahunnya sehingga banyak orang yang mulai membudidayakan ikan gabus secara modern dan tradisional. Lalu, ikan gabus tersebut bakal diolah sebagai bahan masukan atau dijadikan suplemen kesehatan dalam berbagai bentuk termasuk kapsul.

Produk kesehatan berbahan ikan gabus kian diminati khalayak ramai karena manfaatnya yang terbukti dalam mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan imun tubuh. Tidak heran jika banyak yang mencari tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam ikan gabus untuk kesehatan dan berbagai penyakit.

Artikel ini akan membahas secara lengkap manfaat dari albumin ikan gabus terutama dalam bentuk kapsul beserta dosis dan risiko efek sampingnya. Yuk, simak jawaban dan faktanya melalui ulasan lengkap di bawah ini.

Baca Juga: Nyata! 5 Manfaat Ikan Gabus untuk Gatal Kulit secara Alami

Sekilas Tentang Kapsul Albumin Ikan Gabus

Ikan gabus memang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan baik cair, bubuk, kapsul, dan mcam lainnya. Kapsul ikan gabus menjadi salah satu bentuk olahan yang sedang banyak dicari dan diminati karena lebih praktis dan terjaga.

Kapsul ikan gabus biasanya dibuat dari ekstrak ikan gabus, khususnya dari kandungan albuminnya yang tinggi. Bagi Anda yang belum tahun, albumin merupakan salah satu protein utama yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur tekanan osmotik darah dan membantu proses penyembuhan luka.

Banyak masyarakat melirik kapsul albumin ikan gabus karena mengolah dan memasak ikan gabus segar dapat memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Disamping itu, kapsul ikan gabus juga lebih mudah dikonsumsi kapan saja dan dimana saja tanpa mengurangi khasiat dan manfaatnya bagi tubuh dan pemulihan luka dan sakit secara keseluruhan.

Ragam Manfaat Kapsul Albumin Ikan Gabus untuk Kesehatan

Gambar - manfaat kapsul albumin ikan gabus
Ilustrasi ikan gabus budidaya modern

Dengan semakin banyaknya permintaan akan kapsul ikan gabus, tentu orang yang belum tahu bakal bertanya-tanya mengenai apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapat apabila mengonsumsinya. Berikut sejumlah ragam manfaat albumin ikan gabus untuk kesehatan:

1. Membantu Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat utama kapsul albumin ikan gabus adalah kemampuannya dalam mempercepat penyembuhan berbagai jenis luka, baik luar dan dalam. Melansir laman Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Universitas Pekalongan, bahwa terdapat senyawa bioaktif pada ikan gabus yang dapat membantu penyembuhan luka yaitu albumin, glisin, dan seng (Zn).

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ekstrak ikan gabus termasuk senyawa bioaktifnya akan memicu pembentukan Sel Progenitor Endotel (EPC) dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kehadiran Zn dalam ekstrak ikan gabus kemungkinan menjadi faktor kunci yang berperan dalam penyembuhan luka dan juga meningkatkan nafsu makan.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Selain membantu penyembuhan luka, manfaat dari ekstrak ikan gabus berbentuk kapsul bisa meningkatkan imun tubuh Anda. Albumin juga berperan sebagai penopang sistem imun tubuh. Dengan asupan albumin yang cukup, tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi dan berbagai penyakit. Ketika kadar albumin cukup, sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal dalam melawan infeksi, virus, dan bakteri.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Albumin dalam ikan gabus memang memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Albumin berperan dalam menjaga tekanan osmotik darah, yaitu kemampuan darah untuk menahan air di dalam pembuluh darah dan mencegah kebocoran cairan ke jaringan sekitar.

Kadar albumin yang rendah dapat menyebabkan cairan keluar dari pembuluh darah dan menumpuk di jaringan, yang dikenal sebagai edema atau pembengkakan tubuh. Dengan mengonsumsi kapsul ekstrak ikan gabus, Anda dapat mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga mencegah munculnya pembengkakan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung diketahui menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak di derita masyarakat Indonesia terutama yang sudah berumur. Perlu Anda ketahui bahwa albumin dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan organ jantung karena bisa mengurangi peradangan dalam pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak atau penyumbatan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah

Selain penyakit jantung, masyarakat Indonesia juga banyak yang menderita sakit diabetes atau kencing manis. Banyak orang yang belum tahu jika ekstrak ikan gabus dalam kapsul juga memiliki manfaat dalam membantu mengontrol gula darah Anda. Melansir Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada pada laman Neliti, bahwa ekstrak ikan  gabus  dengan  dosis  0,148  ml  sehari  mampu  memperbaiki  jaringan  pancreas  yaitu  pulau langerhans sekitar 68 % dan didapatkan penurunan glukosa dalam darah 34,4 % untuk 2 minggu terapi (Chasanah, etal, 2015).

Albumin memainkan peran penting dalam metabolism tubuh Anda, termasuk metabolisme glukosa. Penelitian menunjukkan bahwa albumin membantu meningkatkan sensitivitas insulin, hormon yang bertugas mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Bagi penderita diabetes atau mereka yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes, konsumsi kapsul albumin ikan gabus dapat membantu mengurangi resistensi insulin.

6. Menyehatkan Sirkulasi Darah dan Menjaga Tekanan Darah

Manfaat kapsul albumin ikan gabus yang terakhir dalam pembahasan kali ini untuk Anda ketahui ialah bisa menyehatkan sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah. Albumin membantu menjaga volume darah dan memastikan bahwa aliran darah Anda tetap lancar ke seluruh tubuh. Selain itu, dengan kadar albumin yang cukup, tekanan osmotik darah dapat terjaga dengan baik, sehingga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Dosis Aman Konsumsi Kapsul Albumin Ikan Gabus

Walaupun ikan gabus dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, Anda tetap perlu mengonsumsinya dengan dosis yang aman atau dianjurkan agar terhindar dari efek samping yang merugikan.

Secara umum, dosis kapsul ikan gabus yang direkomendasikan adalah 2-3 kapsul per hari untuk orang dewasa, namun ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan individu berdasarkan kondisi kesehatan dan rekomendasi dari tenaga medis.

Untuk Anda yang sedang menjalani pengobatan intensif atau pasien pasca-operasi, berkonsultasi engan dokter sangat dianjurkan untuk menentukan dosis yang tepat. Sebab terlalu banyak mengonsumsi albumin bisa menyebabkan ketidakseimbangan protein dalam tubuh Anda.

Baca Juga: 4 Cara Mengolah Ikan Gabus untuk Penyembuhan Luka yang Mudah Dilakukan

Cara Konsumsi Kapsul Albumin ikan Gabus yang Tepat

Agar kapsul albumin ikan gabus bekerja optimal, konsumsilah sesuai dengan anjuran. Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi kapsul ini dengan benar yang bisa Anda terapkan:

  • Konsumsi setelah makan untuk menghindari masalah pencernaan atau iritasi lambung.
  • Minum dengan air putih yang cukup agar penyerapan albumin lebih efektif.
  • Bagi yang sedang mengonsumsi obat lain, sebaiknya beri jarak waktu sekitar 1-2 jam agar tidak ada interaksi antara kapsul albumin dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.

Risiko Efek Samping Kapsul Albumin Ikan Gabus

Gambar 2 - manfaat kapsul albumin ikan gabus
Ilustrasi kapsul albumin ikan gabus

Meski umumnya aman dikonsumsi, penggunaan kapsul albumin ikan gabus tidak sepenuhnya bebas risiko sama sekali. Beberapa efek samping yang mungkin muncul kepada Anda yang memiliki sensitivitas terhadap ikan gabus antara lain:

1. Reaksi Alergi

Bagi mereka yang memiliki alergi terhadap ikan, konsumsi kapsul ini bisa memicu reaksi seperti gatal-gatal, kemerahan, atau bahkan sesak napas. Jadi pastikan Anda tidak memiliki alergi ikan sebelum mengonsumsi kapsul ekstrak ikan gabus.

2. Gangguan Pencernaan

Dalam beberapa kasus, konsumsi kapsul albumin ikan gabus bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau diare, terutama jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan.

3. Ketidakseimbangan Protein

Sebagai hal yang perlu dicermati, mengonsumsi albumin dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan protein dalam tubuh Anda, yang dapat mengganggu fungsi ginjal atau hati.

Cara Penyimpanan Kapsul Albumin Ikan Gabus

Untuk menjaga kualitas kapsul albumin ikan gabus, penyimpanan yang tepat sangat penting untuk Anda perhatikan. Berikut tips penyimpanan yang tepat untuk kapsul ikan gabus:

  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung.
  • Pastikan kemasan tertutup rapat setelah dibuka untuk mencegah kelembapan masuk.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Hal yang Perlu Diperhatikan dan Interaksi dengan Obat Lain

Sebelum mengonsumsi kapsul albumin ikan gabus, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan,yaitu:

  • Konsultasi dengan dokter: Jika Anda sedang menjalani pengobatan lain, konsultasikan dengan dokter apakah aman untuk mengonsumsi kapsul albumin, terutama jika Anda mengonsumsi obat untuk penyakit ginjal, hati, atau jantung.
  • Jangan melebihi dosis: Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, mengonsumsi kapsul ikan gabys berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya terkait keseimbangan di dalam tubuh dan ginjal.

Baca Juga: Apakah Benar Kegunaan Ikan Gabus untuk Luka Jahitan? Cek Fakta dan Penjelasannya!

Rekomendasi Kapsul Albumin Ikan Gabus yang Berkualitas dan Aman Izin BPOM

Kapsul ikan gabus memang memiliki keunggulan disbanding beberapa jenis olahan ikan gabus yang memiliki tujuan untuk memperolehan manfaat kesehatannya. Dengan keunggulan berupa kepraktisan, takaran dosis yang dapat dihitung, hingga penyimpanannya yang mudah menjadikan kapsul albumin ikan gabus memiliki banyak peminat dan permintaan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba manfaat kapsul albumin ikan gabus, pastikan Anda memilih produk yang telah memiliki izin BPOM agar aman dan terjamin kualitasnya. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Fitbumin Haruan, kapsul albumin ikan gabus yang ampuh dalam membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Fitbumin Haruan memiliki keunggulan berupa kadar protein albuminnya yang tinggi mencapai lebih dari 80% dari bahan ikan gabus budidaya modern berbasis IoT. Selain itu,  Fitbumin Haruan juga diproduksi dengan standar kualitas tinggi dan telah mendapat izin BPOM, sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan tenang.

Dengan kandungan albumin tinggi dan diproses secara higienis, Fitbumin Haruan merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan suplemen untuk pemulihan luka atau sekadar menjaga kesehatan tubuh.

Demikian ulasan mengenai manfaat kapsul albumin ikan gabus beserta dosis aman dan risiko efek sampingnya. Untuk membeli Fitbumin Haruan, Anda bisa langsung saja mengklik pada gambar produk atau melalui tautan link pembelian Fitbumin Haruan secara online/daring di sejumlah marketplace berikut ini.

Segera beli Fitbumin Haruan karena ada diskon promo bulan ini sebagai rekomendasi kapsul albumin ikan gabus yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi secara tepat!