6 Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung agar Kuat Puasa

Menu sahur untuk penderita asam lambung – Kondisi naiknya asam lambung memang sering terjadi ketika Anda telat atau melewati waktu makan normal. Tidak sedikit orang yang mengalami hal tersebut ketika menjalankan puasa sehingga menjadi kendala dalam beribadah. Makan sahur merupakan sesuatu yang penting dilakukan sebelum menjalankan puasa agar badan memiliki tenaga.

Gambar 1 - Menu sahur untuk penderita asam lambung
Ilustrasi Wanita Mengalami Asam Lambung | Gambar: Freepik.com/Lifestylememory

Bagi umat muslim berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang perlu dijalankan di bulan Ramadhan. Puasa juga bisa dilakukan sebagai sunah di luar bulan puasa untuk tambahan amal. Bagi penderita asam lambung, menjalankan puasa mungkin menjadi tantangan yang cukup berat apabila tidak dipersiapkan secara tepat.

Memakan menu sahur yang tepat dapat menjadi kunci penderita asam lambung lancar dalam menjalankan puasanya. Lantas, apa menu sahur untuk penderita asam lambung agar kuat puasa? Yuk, simak jawabannya melalui ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Yuk, Kenali Potensi dan Manfaat Ikan Gabus untuk Lambung

Apakah Penderita Asam Lambung Aman untuk Berpuasa?

Bagi penderita asam lambung, telat waktu makan atau perut dalam keadaan kosong secara lama dapat mengakibatkan cairan asam lambung menjadi “naik” sehingga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, mual dan begah. Meski begitu, berkaitan dengan puasa, banyak yang bertanya apakah penderita asam lambung aman untuk berpuasa?

Melansir laman Fakultas Kedokteran UI, dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi) dari RSCM-FKUI Prof.Dr.dr. Ari Fahrial Syam menjelaskan bahwa penderita asam lambung tetap dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan atau puasa sunah dengan beberapa catatan dan ketentuan. Lebih lanjut, Prof Ari menerangkan apabila Anda merasa lambung sedang tidak nyaman, maka sehari sebelum puasa atau sebelum sahur Anda bisa mengonsumsi obat lambung terlebih dahulu.

6 Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung agar Kuat Puasa

Gambar 2 - Menu sahur untuk penderita asam lambung
Ilustrasi Menu Makanan Sahur | Gambar: Freepik

Sahur menjadi hal yang penting untuk dilakukan sebelum Anda menjalankan puasa untuk mengisi perut dan tenaga serta merupakan sunah yang sangat dianjurkan kepada umat muslim karena terdapat berkah dan rahmat yang baik dari setiap hidangan sahur yang Anda santap.

Bagi penderita asam lambung, sahur tentunya tidak boleh dilewatkan dan perlu memilih menu yang tepat agar tidak memicu asam lambung menjadi naik. Berikut 6 menu sahur untuk penderita asam lambung agar kuat puasa:

1. Jenis Makanan Karbohidrat Kompleks

Menu sahur yang pertama bisa Anda siapkan sebagai penderita asam lambung yaitu jenis makanan karbohidrat kompleks. Diketahui bahwa makanan karbohidrat kompleks dapat membantu penderita maag untuk kuat dalam menjalankan puasa karena bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh jenis makanan karbohidrat kompleks yang bisa Anda coba diantaranya nasi merah, oatmeal, sereal, granola, roti gandum, dan makanan lainnya.

2. Kurma

Kurma dapat menjadi pilihan menu sahur untuk penderita asam lambung yang selanjutnya untuk Anda coba. Bulan puasa atau Ramadan memang selalu identik dengan buah kurma yang berasal dari Timur Tengah. Selain rasanya yang manis, ternyata kurma juga cocok dijadikan menu untuk sahur atau berbuka ketika puasa. Melansir Journal of ethnopharmacology dari Sciencedirect, pada penelitian yang melibatkan tikus uji coba bahwa ekstrak cairan kurma dan etanol di dalamnya ternyata efektif dalam memperbaiki keparahan tukak lambung dan mengurangi peningkatan konsentrasi histamin dan gastrin yang diinduksi etanol.

3. Buah-Buahan dengan Kandungan Air Tinggi

Buah memang dikenal sebagai sumber asupan alami yang memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh. Untuk orang dengan kondisi asam lambung, buah dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai menu sahur di rumah.

Buah yang tinggi kandungan air dapat menjaga tubuh tetap tercukupi cairan saat puasa serta bisa mengencerkan dan meredakan asam lambung. Beberapa jenis buah dengan kandungan air tinggi diantaranya buah melon, semangka, timun, hingga blewah. Sebaiknya hindari buah-buahan yang memiliki kandungan asam seperti jeruk, nanas, kiwi, hingga stoberi.

Baca Juga: Yuk, Kenali 6 Manfaat Daun Meniran untuk Asam Lambung

4. Sayuran dan Biji-Bijian Tinggi Serat

Sayuran dan biji-bijian tinggi serat dapat menjadi pilihan menu sahur untuk penderita asam lambung agar kuat dalam menjalankan puasa. Agar Anda dapat menjalankan puasa secara maksimal, menu makanan dengan serat tinggi dapat membantu mengontrol rasa lapar selama berpuasa.

Melansir Hopkinsmedicine, menu makanan tinggi serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Beberapa jenis sayuran dan biji-bijian dengan kandungan serat tinggi antara lain seperti brokoli, asparagus, bayam, pare, selada, wortel, oatmeal, polong-polongan, kacang hijau, almond, hingga kacang kedelai.  

5. Makanan Yogurt dan Olahannya

Yogurt memang dikenal memiliki manfaat yang baik bagi pencernaan tubuh manusia. Maka dari itu, yogurt dapat menjadi pilihan menjanjikan sebagai menu pelengkap sahur saat puasa. Diketahui bahwa yogurt memang merupakan makanan hasil fermentasi dari susu yang mengandung bakteri baik dalam menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan kinerja lambung.

Untuk penderita asam lambung, sebaiknya mengonsumsi yogurt rendah lemak dengan kandungan protein sedang. Anda juga perlu mengombinasikan yogurt dengan buah atau sayuran sehingga menjadi olahan yang lezat dan nikmat. Greek yogurt memiliki kandungan rendah gula dan protein yang lebih banyak sehingga cocok untuk mengatasi asam lambung.

6. Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Menu sahur untuk penderita asam lambung agar kuat berpuasa yang terakhir ialah makanan dengan kandungan protein tinggi. Jenis makanan berprotein tinggi dapat membantu Anda merasa lebih lama kenyang setelah santap sahur saat berpuasa. Salah satu sumber protein tinggi yang bisa Anda pilih ialah ikan gabus karena memiliki albumin dan asam lemak serta asam amino essensial. Selain ikan gabus, Anda juga bisa mengonsumsi makanan kaya protein lain seperti telur, daging, dan jenis ikan lainnya.

Tips Mencegah Asam Lambung Menjadi Kambuh saat Puasa

Setelah mengetahui aneka jenis menu sahur buat penderita asam lambung, Anda juga perlu mengetahui cara dalam mencegah kambuhnya asam lambung ketika menjalankan ibadah puasa nanti. Berikut tips mencegah asam lambung menjadi kambuh saat puasa:

  • Jangan melewatkan waktu sahur karena sangat penting bagi penderita asam lambung yang berpuasa.
  • Menghindari menu makanan sahur pedas dan bersantan banyak.
  • Makan sahur dengan porsi yang cukup dan tidak berlebih.
  • Menghindari menu makanan sahur dengan kadar lemak tinggi.
  • Jangan menunda waktu berbuka puasa.
  • Menghindari minuman alkohol, kafein tinggi, dan soda tinggi.
  • Kelola stres dan istirahat yang cukup saat masa berpuasa.

Baca Juga: Takut Maag saat Puasa? Simak, 5 Khasiat Temulawak untuk Asam Lambung dan Pencernaan!

Jaga Kondisi Kesehatan Tubuh Selama Berpuasa dengan Kombinasi Bahan Alami Serta Ekstrak Ikan Gabus Berprotein Tinggi dari Fitbumino

Selain memperhatikan menu makanan sahur, sebagai penderita asam lambung Anda juga perlu menjaga kondisi kesehatan tubuh selama berpuasa. Saat berpuasa memang tubuh membutuhkan asupan bergizi atau bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama berpuasa. Sebab tidak jarang orang yang imun tubuhnya malah menurun atau menjadi lemas ketika berpuasa.

Apabila imun Anda menjadi lemah dan tubuh menjadi lemas ketika berpuasa, maka hal tersebut dapat menjadi celah bagi ancaman penyakit yang bisa mengintai seperti Covid-19, flu, hingga penyakit lainnya. Tentunya hal ini akan memperparah kondisi Anda sebagai penderita asam lambung juga.

Maka dari itu, Fitbumino hadir sebagai pilihan praktis dan efektif dalam menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan antibodi dalam mencegah ancaman virus. Selain itu, terdapat kandungan ekstrak ikan gabus organik dengan protein albumin tinggi untuk mempercepat penyembuhan luka di lambung akibat naiknya asam lambung.

Fitbumino - Menu sahur untuk penderita asam lambung

Sebagai fakta lainnya, bahwa ikan gabus juga memiliki sifat antinosiseptif atau anti nyeri yang dapat mengurangi rasa sakit di lambung berkat adanya asam lemak dan asam amino yang tinggi. Dengan mengonsumsi Fitbumino saat sahur dan berbuka, Anda bisa menjaga kondisi lambung dengan lebih maksimal serta sekaligus meningkatkan imun dan daya tahan tubuh salam berpuasa.

Demikian ulasan mengenai 6 menu sahur untuk penderita asam lambung agar kuat puasa yang bisa Anda coba dan konsumsi. Untuk membeli dan memperoleh Fitbumino, Anda bisa langsung mengklik gambar produk atau melalui tautan link pembelian berikut ini.

Segera beli Fitbumino karena terdapat diskon promo di bulan ini untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh sekaligus mencukupi gizi dan nutrisi tubuh secara maksimal!