Terupdate! 7 Jenis Cek Kesehatan Pra Nikah – Fungsi, Harga, & Tempat Layanannya

Gambar 1 - Cek kesehatan pra nikah
Ilustrasi Pasangan Sedang Melakukan Pemeriksaan Cek Kesehatan Sebelum Nikah | Gambar: Freepik

Cek kesehatan pra nikah – Pernikahan memang merupakan momen membahagiakan bagi setiap pasangan yang saling mencinta untuk meresmikan hubungannya dalam jenjang rumah tangga. Maka dari itu, segala persiapan perlu Anda lakukan bersama pasangan agar hari bahagia tersebut menjadi lancar serta memberikan bekal ketika akan membangun keluarga yang di dambakan.

Terdapat banyak persiapan untuk menuju hari pernikahan seperti biaya sewa tempat, wedding organizer, dokumentasi, katering makanan, dan persiapan lainnya. Meski hal itu memang perlu dipersiapkan, banyak pasangan yang lupa bahwa cek kesehatan pra nikah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan juga sebagai persiapan. Lantas, apa saja jenis cek kesehatan pra nikah? Apa saja fungsi tesnya? Dan berapa harga cek kesehatannya? Yuk, simak selengkapnya di ulasan kali ini!  

Baca Juga: Penting! Mengetahui Arti Albumin dalam Urine yang Bisa Menjadi Tanda Gangguan Kesehatan

Apa Itu Cek Kesehatan Pra Nikah?

Secara ringkas, cek kesehatan pra nikah atau premarital check up merupakan rangkaian tes pemeriksaan kesehatan untuk pasangan calon pengantin sebelum melakukan pernikahan. Hal tersebut diperlukan guna mendeteksi dan mengenali kondisi kesehatan, risiko kesehatan, dan riwayat kesehatan seperti ada tidaknya penyakit menular, kondisi penyakit keturunan, hingga kesuburan reproduksi pasangan.

Apabila setelah melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah ditemukan sesuatu masalah kesehatan, maka dokter nantinya akan segera melakukan rekomendasi tindakan pengobatan pada pasangan calon pengantin untuk mencegah atau meminimalisir risiko gangguan kesehatan yang mungkin akan muncul sebelum hari pernikahan dilangsungkan.  

Cek Kesehatan Pra Nikah Wajib atau Tidak?

Banyak dari calon pengantin yang bertanya terutama dari kalangan usia muda, apakah cek kesehatan pra nikah wajib atau tidak? Jawabannya adalah wajib dilakukan untuk semua pasangan yang akan menikah. Melansir laman BKKBN, pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) dan Kementerian Agama mewajibkan catin (calon pengantin) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah pada 3 bulan sebelum hari pernikahan.

Ragam Jenis Cek Kesehatan Pra Nikah

Gambar 2 - Cek kesehatan pra nikah
Ilustrasi Calon Pengantin Sedang Konsultasi Cek Kesehatan Pra Nikah | Gambar: Freepik/Tirachardz

Tes dan cek kesehatan sebelum menikah memang penting untuk dilakukan setiap pasangan calon pengantin. Sebab tidak semua orang memiliki riwayat atau kondisi kesehatan yang baik sebelum menikah. Agar lebih tahu jenis tesnya, berikut ragam jenis cek kesehatan pra nikah yang bisa Anda ketahui dan pahami:

1. Cek Fisik Dasar

Jenis cek pemeriksaan kesehatan yang pertama dilakukan sebelum menikah ialah melakukan cek fisik dasar. Hal ini merupakan prosedur umum yang dilakukan di berbagai tempat pelayanan kesehatan. Beberapa cek fisik dasar yang akan Anda dan pasangan lakukan seperti cek berat badan, cek tekanan darah, cek tinggi badan, cek lingkar lengan, hingga tes kuisoner kesehatan mental.

2. Cek Darah Lengkap

Serangkaian cek darah atau pemeriksaan darah secara lengkap akan dilalui oleh para calon pengantin sebelum menikah. Melansir Halodoc, Cek darah lengkap meliputi berupa pemeriksaan golongan darah, jenis rhesus golongan darah, cek kadar gula darah, cek kadar trombosit darah, kadar hb darah, leukosit darah, hematokrit, hingga cek laju endap darah.

3. Cek Urine

Tes urine juga menjadi salah satu bentuk cek kesehatan pra nikah yang dilakukan pada banyak tempat pelayanan kesehatan. Test urine biasanya akan mengambil sampel urine Anda dan pasangan lalu di periksa di laboratorium dengan menilai warna, bau, kuantitas, hingga kandungan zat di dalamnya. Cek urine bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh mengalami gangguan metabolisme atau penyakit tertentu seperti ginjal.

4. Tes Infeksi Menular Seksual

Tes penyakit infeksi menular seksual merupakan salah satu bentuk cek kesehatan yang sangat wajib dilakukan oleh Anda bersama pasangan sebelum menikah. Meski terlihat sehat, tidak menutup kemungkinan seseorang mengidap penyakit menular seksual. Dengan tes STD, beberapa penyakit menular seksual bisa dideteksi seperti klamidia, herpes, gonore, HIV/AIDS, hingga sifilis. Apabila penyakit menular seksual ini dibiarkan maka bisa berdampak buruk bagi pernikahan Anda tentunya seperti kemandulan atau keguguran janin.  

Baca Juga: 7 Bahaya Kesehatan Makanan yang Dibakar dan Cara Aman Menyantapnya!

5. Tes Pemeriksaan Organ Reproduksi dan Kesuburan

Cek kesehatan pra nikah yang perlu Anda dan pasangan jalani juga yaitu pemeriksaan organ reproduksi dan kesuburan. Selain menyatukan ikatan hubungan secara resmi, pernikahan juga menjadi pintu dalam membuat keluarga dan memiliki keturunan. Pada wanita tes pemeriksaan organ vagina dapat mendeteksi kondisi berupa tumor jinak dan kanker serviks. Untuk pria biasanya akan menjalani pemeriksaan dan analisis kondisi kesehatan sperma untuk menentukan subur atau tidaknya.

6. Tes TORCH

Salah satu jenis tes kesehatan sebelum menikah yang biasa dilakukan pada tempat pelayanan kesehatan ialah tes TORCH. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi infeksi yang terjadi pada tubuh karena parasit seperti toxoplasma, virus rubella, virus cytomegalo (CMV), hingga virus herpes. Apabila Anda atau pasangan memiliki riwayat rubella, pemakai suntik narkoba, hingga sering berganti pasangan seksual maka tes ini wajib untuk dilakukan sebelum menikah.

7. Cek Pemeriksaan Alergi

Jenis cek kesehatan pra nikah yang terakhir ialah pemeriksaan alergi yang mungkin dimiliki oleh Anda atau pasangan. Meski terkadang dianggap sepele oleh banyak orang, alergi yang tidak disadari dan tidak ditangani secara benar dapat berdampak buruk dan fatal bagi seseorang, Beberapa jenis alergi dapat diturunkan dari keluarga dekat seperti orang tua kepada anak.

Tempat Layanan Cek Kesehatan Pra Nikah

Sebenarnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah dapat dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan terdekat di tempat Anda. Pada umumnya tes ini biasa dilakukan di rumah sakit baik negeri ataupun swasta serta puskesmas, namun juga bisa dilakukan di tempat pelayanan kesehatan swasta seperti klinik laboratorium yang memiliki jenis layanan ini.

Harga Cek Kesehatan Pra Nikah

Gambar 3 - Cek kesehatan pra nikah
Ilustrasi Cek Kesehatan Pra Nikah di Tempat Layanan Kesehatan | Gambar: Freepik

Apabila Anda dan pasangan memang serius akan membangun bahtera rumah tangga dan concern terhadap masalah kesehatan juga, maka cek kesehatan sebelum menikah merupakan hal yang wajib. Meski begitu, untuk melakukan tindakan ini tentunya membutuhkan biaya yang perlu dibayarkan ke tempat pelayanan kesehatan. Lantas, berapa harga cek kesehatan pra nikah? Simak penjelasannya!

Harga Cek Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas

Untuk masyarakat pada umumnya sebenarnya dapat melakukan cek kesehatan sebelum nikah di pusat layanan kesehatan terdekat seperti puskesmas. Harga cek kesehatan pra menikah di puskesmas sebenarnya cukup murah atau gratis dan bisa agak sedikit berbeda jumlah harganya di setiap masing-masing daerah atau wilayah tergantung kebijakan yang berlaku. Namun begitu, rata-rata harganya berkisar Rp 0 – Rp50.000. Biasanya bagi pemegang kartu BPJS kesehatan bisa mendapat layanan ini secara gratis.

Harga Cek Kesehatan Pra Nikah di Layanan Swasta

Apabila Anda dan pasangan memiliki bujet lebih, tidak ingin repot-repot untuk mengantre, serta jenis cek yang lebih lengkap, maka layanan kesehatan swasta dapat menjadi pilihan. Untuk harga cek kesehatan pra nikah di layanan swasta memang cenderung lebih mahal juga bergantung pada banyak jenis tes apa yang dilakukan. Untuk itu, dilihat dari berbagai sumber layanan kesehatan swasta, rata-rata harganya mencapai Rp1.000.000 – Rp5.000.000 bahkan lebih.

Baca Juga: Perlu Tahu! Ini 6 Manfaat Temulawak untuk Pria dan Kesehatannya

Jaga Kesehatan Tubuh Sebelum Menikah dengan Asupan Albumin Tinggi dari Fitbumino

Sebagai pasangan calon pengantin, Anda tentunya mendambakan pernikahan yang lancar dan baik untuk memulai kehidupan berumah tangga. Meski begitu, kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menentukan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan pasca pernikahan.

Untuk itu, pemeriksaan kesehatan pra nikah menjadi indikator penting dalam mengetahui kondisi kesehatan Anda dan pasangan sebelum memulai pernikahan. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir masalah kesehatan yang mungkin timbul saat sudah menikah, hamil, atau mau memiliki anak. Sebab beberapa kondisi kesehatan dapat membahayakan kehamilan pasangan serta keselamatan dari janin di dalam kandungan.

Terlebih ancaman virus dan penyakit saat ini menjadi sesuatu yang dekat dengan kehidupan masyarakat modern. Maka dari itu, menjaga kesehatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan pada masa ini dengan berbagai cara yang bisa dilakukan seperti berolahraga, memakan makanan sehat dan bergizi, hingga mengonsumsi suplemen kesehatan tambahan.

Untuk membantu Anda, Fitbumino hadir sebagai salah satu suplemen penambah daya tahan tubuh yang terbuat dari bahan baku alami pilihan berkualitas untuk meningkatkan antibodi dan mencegah virus yang berusaha menyerang tubuh.

Terdapat tiga kombinasi bahan baku alami berupa ekstrak ikan gabus, ekstrak meniran, dan ekstrak temulawak yang mengandung berbagai manfaat kesehatan. Albumin tinggi dari ikan gabus berperan penting dalam pembentukan sel imun tubuh Anda. Fitbumino memiliki keunggulan dengan menghadirkan kandungan albumin tinggi mencapai 80% dalam bahan bakunya.

Dengan mengonsumsi Fitbumino, Anda bersama pasangan bisa menjaga kesehatan tubuh secara maksimal sebelum menikah dari ancaman penyakit dan virus yang mengancam seperti covid-19. Sebab Fitbumino merupakan produk pemenang penelitian Ristek BRIN dalam pengembangan produk alam pencegah covid-19.

Itulah ulasan mengenai jenis cek kesehatan pra nikah terupdate yang bisa Anda simak dan pahami. Untuk memperoleh dan membeli Fitbumino, Anda bisa klik pada gambar produk atau melakukan klik melalui tautan berikut ini.

Konsultasi Gratis