Ampuh! 5 Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa yang Aman dan Mudah

Gambar 1 - Cara mengatasi cegukan saat puasa
Ilustrasi Gangguan Cegukan saat Puasa | Gambar: Freepik.com/Jcomp

Cara mengatasi cegukan saat puasa – Terjadinya cegukan memang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja, baik saat sedang makan atau sesudah makan. Cegukan biasanya dikenali dengan suara ‘hik’ yang keluar secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu. Meski sering dianggap sepele, cegukan yang terjadi tentunya sangat mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman kepada orang yang mengalaminya.

Untuk mengatasi cegukan biasanya orang akan meminum air putih terlebih dahulu agar cegukan yang dialami bisa mereda. Nah, hal ini tentunya tidak bisa Anda lakukan apabila cegukan terjadi pada saat menjalankan puasa di bulan Ramadan.

Hal ini pastinya menjadi dilema bagi orang-orang yang mengalami cegukan di saat puasa.  Lantas, bagaimana cara mengatasi cegukan saat berpuasa yang bisa diterapkan? Yuk, simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini!

Baca Juga: 6 Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung agar Kuat Puasa

Sekilas Tentang Cegukan Saat Puasa dan Dilemanya

Bagi umat muslim, di bulan puasa Ramadan memang diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari waktu subuh saat fajar mulai menyingsing, sampai hingga matahari terbenam di waktu magrib. Melansir Alodokter, Cegukan atau singultus dapat terjadi ketika otot yang memisahkan perut dan dada (diafragma) berkontraksi tanpa sengaja dan tiba-tiba.

Kondisi demikian membuat udara masuk terlalu cepat ke dalam paru-paru Anda sehingga katup saluran pernapasan menutup dan memunculkan suara ‘hik’ yang khas. Bagi orang yang berpuasa, mengalami cegukan tentu menjadi sesuatu yang menjengkelkan dan tidak membuat nyaman.

Terlebih meminum air putih menjadi cara pertama dan mudah untuk dilakukan ketika mengalami cegukan. Ketika Anda berpuasa tentunya hal ini tidak bisa dilakukan karena akan membatalkan puasa itu sendiri. Maka dari itu, banyak orang yang mengalami dilema ketika berpuasa dan mengalami cegukan.

Apa Penyebab Cegukan Saat Puasa?

Penting juga untuk Anda mengetahui apa penyebab dan pemicu cegukan di saat menjalankan ibadah puasa. Pengetahuan tersebut dapat berguna agar Anda bisa menghindari dan mencegah terjadinya cegukan saat puasa. Berikut beberapa faktor penyebab munculnya cegukan ketika Anda menjalankan ibadah puasa:

  • Anda terlalu cepat dan terburu-buru ketika makan sahur
  • Makan terlalu berlebih ketika sahur
  • Makan makanan terlalu pedas saat sahur sehingga asam lambung naik dan mengalami cegukan

  • Mengonsumsi banyak minuman bersoda saat sahur
  • Anda menelan udara saat mengunyah makan atau mengisap permen saat sahur

5 Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa yang Aman dan Mudah

Gambar 2 - Cara mengatasi cegukan saat puasa
Ilustrasi Cara Menghilangkan Cegukan | Gambar: Freepik.com/Jcomp

Untuk Anda ketahui, mengalami cegukan umumnya bukanlah suatu kondisi medis yang berbahaya. Malahan, sebenarnya cegukan dapat hilang dengan sendirinya nanti. Meski begitu, tetap saja ketika menjalankan puasa mengalami cegukan bukanlah hal yang menyenangkan, terlebih Anda tidak bisa langsung minum air putih untuk meredakannya.

Oleh karena itu diperlukan cara lain untuk menghilangkan cegukan yang terjadi ketika berpuasa. Berikut 5 cara mengatasi cegukan saat puasa yang aman dan mudah dilakukan:

1. Menahan Napas dalam Sementara Waktu

Cara pertama mengatasi cegukan di saat berpuasa yang bisa Anda lakukan ialah menahan napas dalam sementara waktu. Cara ini terbilang cukup mudah dan sederhana untuk menghilangkan cegukan yang terjadi. Anda bisa melakukan tahan napas dalam 10 detik lalu dihembuskan pelan-pelan secara berulang hingga 3-4 kali setiap 20 menit selama masih cegukan.

2. Duduk dan Memeluk Lutut Kaki

Duduk dan memeluk lutut kaki dapat menjadi cara mengatasi cegukan saat puasa untuk Anda coba secara mudah. Melansir Healthline, Anda bisa melakukannya dengan pertama mencari tempat duduk yang nyaman, kemudian dalam posisi duduk mendekatkan lutut ke dada dan menahan posisi tersebut selama kurang lebih dua menit.

3. Melakukan Cara Tarik Lidah

Menarik lidah merupakan cara tanpa minum air untuk meredakan cegukan di saat puasa yang bisa Anda coba lakukan. Dengan Anda melakukan menarik lidah secara lembut, maka akan merangsang saraf dan otot di tenggorokan sehingga dapat meredakan kejang diafragma. Anda bisa memegang ujung lidah kemudian tarik secara perlahan ke depan sekali atau dua kali.

Baca Juga: Mudah dan Jitu! 9 Cara agar Tidak Bau Mulut saat Puasa

4. Menekan Area Diafragma Tubuh

Cara mengatasi cegukan saat puasa juga bisa Anda lakukan dengan menekan area diafragma yang terletak di bawah ujung tulang dada atau dekat ulu hati. Diafragma memang memisahkan perut dan paru-paru sehingga letaknya berada di sekitaran area itu. Melansir Medical News Today, Anda bisa menekan area diafragma secara ringan dan lembut menggunakan ujung jari selama 20-30 detik.

5. Melakukan Cara Menutup Kedua Telinga

Agar cegukan dapat hilang, Anda bisa melakukan cara menutup kedua telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Melansir BBC, cara meletakan jari di telinga dengan lembut dapat merangsang saraf vagus yang terhubung dengan diafragma sehingga cegukan bisa menghilang.  

Berapa Lama Cegukan Hilang?

Sebagai orang yang sedang mengalami cegukan tentunya Anda mungkin bertanya berapa lama cegukan akan bisa hilang? Jawabannya secara umum cegukan bisa berlangsung sebentar seperti beberapa menit, tetapi cegukan juga bisa berlangsung lebih lama pada kondisi tertentu.

Melansir Alodokter, pada beberapa kondisi, cegukan bisa berlangsung lebih dari 2 hari atau bahkan bisa mencapai 1 bulan. Hal seperti itu dikenal sebagai cegukan berkepanjangan atau (persisten). Walaupun sangat jarang terjadi, hal ini dapat membuat penderita menjadi stres dan lelah.

Tips Agar Tidak Cegukan Saat Puasa

Gambar 3 - Cara mengatasi cegukan saat puasa
Ilustrasi Muslim Saat Sahur | Gambar: Freepik.com

Selain mengetahui cara mengatasi cegukan saat puasa, Anda juga perlu memahami cara mencegah agar tidak cegukan saat puasa. Berikut sejumlah tips agar tidak cegukan saat puasa yang dapat Anda simak:

  • Makan secukupnya pada saat sahur
  • Makan sahur secara perlahan dan tidak terburu-buru
  • Menghindari makanan terlalu pedas saat sahur
  • Menghindari minuman bersoda saat sahur
  • Tidak merokok saat sahur

Baca Juga: Duh, Sering Sakit Kepala Saat Puasa? Pahami 8 Penyebab dan Cara Meredakannya!

Jaga Kondisi Tubuh Saat Puasa dengan Bahan Alami untuk Tingkatkan Antibodi Agar Tidak Mudah Sakit Bersama Fitbumino

Datangnya bulan Ramadan tentu memberikan kebahagiaan bagi umat muslim karena bisa melakukan ibadah puasa kembali. Meski begitu, gangguan kesehatan seperti cegukan dapat membuat Anda tidak nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.

Terlebih apabila cegukan tersebut terjadi secara berkepanjangan sehingga dapat memberikan dampak yang buruk bagi penderitanya seperti kurang tidur, kelelahan, sulit berkonsentrasi, sulit makanan dan minum, kekurangan nutrisi, hingga penurunan berat badan. Dengan begitu, imun dan daya tahan tubuh menjadi melemah yang akhirnya dapat membuat Anda jatuh sakit.

Kondisi tubuh yang sehat dan fit menjadi kunci agar ibadah puasa bisa dilakukan secara optimal dalam sebulan penuh. Untuk itu penting bagi Anda dalam menjaga kondisi dan daya tahan tubuh selama bulan puasa Ramadan berlangsung. Anda perlu menjalankan pola hidup sehat serta menunjangnya dengan suplemen kesehatan dari bahan baku alami.

Untuk itu Fitbumino Hadir sebagai suplemen penambah daya tahan tubuh yang dibuat dengan kombinasi bahan baku alami pilihan terstandar modern dan higenis yang bisa meningkatkan antibodi tubuh. Terdapat 3 bahan baku alami berupa ekstrak ikan gabus, ekstrak meniran, hingga ekstrak temulawak. Bahkan, Fitbumino merupakan produk pemenang penelitian Ristek BRIN dalam pengembangan produk alam pencegah Covid-19 lalu di Indonesia.

Dengan mengonsumsi Fitbumino, Anda bisa menjaga kondisi tubuh selama bulan puasa Ramadan secara maksimal berkat kandungannya yang luar biasa!

Itulah ulasan mengenai 5 cara ampuh mengatasi cegukan saat puasa yang aman dan mudah untuk Anda lakukan dan praktikan. Untuk membeli dan memperoleh Fitbumino, Anda bisa langsung mengklik gambar produk atau melalui tautan link pembelian berikut ini.

Segera beli Fitbumino karena terdapat diskon promo di bulan ini untuk membantu menjaga kondisi tubuh agar cegukan dapat dicegah selama berpuasa!