Kolaborasi Dorong Kemandirian dan Ketahanan Industri Sediaan Farmasi, Pembuktian Produksi Farmasi Indonesia

Kolaborasi Dorong Kemandirian dan Ketahanan Industri Sediaan Farmasi, Pembuktian Produksi Farmasi Indonesia
Ajang Forum Nasional Kemandirian dan Ketahanan Industri Sediaan Produksi Farmasi | Gambar Istimewa

Fitbumin.com – Dalam rangka mendorong kemandirian dan ketahanan industri sediaan farmasi, Universitas Sumatera Utara meresmikan kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Akar Rimba Nusantara dalam rangka pengembangan bahan baku natural.

Keduanya berkomitmen dalam mendukung kemandirian dan ketahanan industri sediaan farmasi. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan memenuhi undangan khusus dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat KesehatanmKementerian Kesehatan dalam acara Forum Nasional Kemandirian dan Ketahanan Industri Sediaan Farmasi, selama dua hari, yakni 8-9 November 2021 di Eastparc Hotel Yogyakarta sekaligus menjadi lokasi penandatangan MoU tersebut.

Penandatangan Mou dilakukan oleh Direktur PT Akar Rimba Sutristo dan Dekan Fakultas Farmasi USU Khairunnisa

Direktur PT Akar Rimba Sutristo mengatakan, ini merupakan sebuah penghargaan bagi pihaknya dan USU. Forum tersebut juga dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai pembicara kehormatan (keynote speech) dan dibuka oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

“Kita tentu sangat bangga dengan undangan ini, karena pada kegiatan hadir Pak Luhut Panjaitan, Wakil DPR RI Komisi IX, Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi, Badan Riset Nasional Dr. Mego Pinandito, M.Eng secara daring, ” kata Sutristo.

Sutristo menjelaskan, MoU yang dilakukan kali ini untuk menandatangani kesepakatan kerja sama riset baik yang sudah berjalan maupun produk fitofarmaka yang akan dilakukan. Ini merupakan wujud kepedulian PT Akar Rimba dan USU untuk bisa ikut serta dalam kemandirian dan ketahanan industri sediaan farmasi.

Menegaskan Produksi Farmasi Indonesia Tak Kalah dengan Produksi Luar Negeri

“Komitmen kita jelas, apalagi setelah kita dengar penyataan dari Menko Maritim dan Investasi, Bapak Luhut Binsar Panjaitan yang menyatakan pemerintah sangat mendukung pembangunan industri farmasi dalam negeri. Pemerintah, kata Pak Luhut, bahkan sudah putuskan akan membeli produksi farmasi jika sudah diproduksi dalam negeri. Dan kita siap untuk ini, kita siap memenuhi kebutuhan farmasi dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk farmasi dari luar negeri,” ungkap Sutristo.

Ditambahkan Sutristo, dengan keikutsertaan PT Akar Rimba dalam kemandirian dan ketahanan industri sediaan farmasi, pihaknya juga ingin membuktikan bahwa produksi farmasi Indonesia tak kalah dengan produksi farmasi luar negeri.

“Kita mau buktikan bahwa kita tidak kalah dengan negara India, Bangladesh, bahkan juga Pakistan yang saat ini industri farmasinya sedang berkembang pesat,” tutur Sutristo.

Sumber Berita: Media Indonesia