Bisa Melancarkan ASI? Ini 6 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui

Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui – Susu kacang kedelai merupakan jenis minuman olahan yang dibuat dari bahan nabati berupa biji kacang kedelai. Sari dari kacang kedelai tersebut bewarna putih agak kekuningan yang mirip dengan susu sehingga disebut susu kedelai.

Gambar 1 - Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui
Ilustrasi Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui | Gambar: Freepik/Jcomp

Bunda tentu pernah mencobanya, bukan? Ya, minuman dari kedelai ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai fakta, Susu sari kedelai dapat menjadi alternatif pengganti susu untuk orang yang memiliki kondisi intoleransi terhadap laktosa atau susu sapi.

Dibalik rasanya yang nikmat untuk diminum, susu kedelai ternyata memiliki nilai kandungan nutrisi dan manfaat yang baik untuk ibu menyusui, lho Bunda. Seperti yang Bunda tahu bahwa ibu menyusui membutuhkan beragam jenis asupan nutrisi dan salah satu sumber tersebut dapat berasal dari susu kedelai yang manis dan segar.

Baca Juga: Apakah Sedang Bunda Alami? Ini 7 Masalah Pada Ibu Menyusui yang Sering Terjadi

Kebaikan Kandungan Susu Kedelai

Agar semakin yakin, Bunda perlu mengenal kebaikan dan kandungan yang terdapat pada susu kedelai. Melansir jurnal Komposisi Dan Nutrisi Pada Susu Kedelai oleh Staf Pengajar Jurdik Kimia FMIPA UNY yaitu C. Budimarwanti, bahwa susu kedelai memiliki komposisi gizi dan nutrisi berupa kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zinc, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Untuk Bunda ketahui, protein pada susu kedelai memiliki susunan asam amino yang mirip dengan susu sapi sehingga dapat dijadikan pilihan pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi atau bagi mereka yang tidak menyukai susu sapi, yah.

Ragam Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui

Khusus untuk ibu menyusui, susu kedelai juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa Bunda rasakan apabila rutin mengonsumsinya. Berikut ragam manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui untuk Bunda simak!

1. Sebagai Sumber Energi dari Bahan Nabati untuk Ibu Menyusui

Susu kedelai dapat menjadi salah satu sumber energi ibu menyusui dari bahan nabati, lho Bunda. Melansir Wikipedia, satu gelas saji susu kedelai tanpa pemanis (243 ml) memiliki kandungan kalori sebanyak 80 kcal dari karbohidrat 4 gram (termasuk gula 1 gram), lemak 4 gram, dan protein 7 gram.

2. Memiliki Nutrisi yang Bagus untuk Imun dan Kesehatan Ibu Menyusui

Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui yang selanjutnya yaitu memiliki nutrisi yang bagus untuk imun dan kesehatan ibu menyusui. Untuk Bunda ketahui, di dalam susu kedelai memiliki aneka nutrisi berupa mineral dan vitamin.

Zinc merupakan salah satu kandungan mineral yang terdapat pada susu kedelai. Kandungan zinc dapat meningkatkan imun dan daya tahan bagi kesehatan ibu menyusui. Zinc memainkan fungsi untuk mengaktifkan sel darah putih atau limfosit sel T untuk meningkatkan sistem imun tubuh Bunda.

3. Membantu Melancarkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Gambar 2 - Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui
Ilustrasi ibu Menyusui | Gambar: Freepik

Tahukah Bunda bahwa susu kedelai dapat membantu melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui? Ya, hal ini benar adanya karena susu kedelai diketahui memiliki kandungan nutrisi vitamin B6 yang mampu memicu rasa bahagia.

Mengapa demikian? Sebab jika suasana hati Bunda yang sedang menyusui bahagia dan senang maka produksi hormon oksitosin menjadi meningkat. Hormon inilah yang membuat perasaan senang dan bahagia pada ibu menyusui sehingga produksi ASI menjadi lancar dan berlimpah.

4. Mengandung Serat yang Bagus untuk Pencernaan Ibu Menyusui

Serat menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk ibu menyusui, lho Bunda. Seperti yang Bunda sudah banyak tahu, kandungan serat pada susu kedelai dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan ketika dalam fase menyusui. Melansir laman Food Tech Universitas Binus, serat merupakan kandungan makanan penting agar terhindar dari masalah kesehatan seperti sembelit dan racun di pencernaan.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Ibu Menyusui

Mempercepat proses penyembuhan luka dapat menjadi salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui. Sebagai seorang ibu, Bunda pastinya mengalami berbagai perjuangan ketika melahirkan dan menyusui bayi seperti adanya luka pasca melahirkan atau mengalami lecet payudara ketika memberikan ASI.

Tingginya kandungan protein pada susu kedelai dapat membantu Bunda mengatasi hal itu karena zat protein berperan dalam perbaikan sel-sel jaringan tubuh yang luka atau rusak. Maka dari itu, mengonsumsi susu kedelai dapat menjadi cara yang “asyik” dalam mempercepat kesembuhan luka.

6. Membantu Menjaga Kestabilan Mood Ibu Menyusui

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan fisik tubuh, susu kedelai juga dapat menjaga kestabilan mood atau suasana hati pada ibu menyusui juga, lho Bunda. Melansir penelitian dari BMC Psychiatry, kandungan nutrisi berupa vitamin B6, vitamin B12, dan folat pada susu kedelai dapat memberikan dampak pada penurunan risiko depresi seseorang.

Baca Juga: Cari Tahu Kebenarannya Bun, Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi Hitam?

Maksimalkan Manfaat Susu Kedelai dengan Pelengkap Nutrisi Tambahan agar ASI Semakin Lancar

Setelah mengetahui kebaikan kandungan dan manfaat susu kedelai, Bunda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi susu kedelai sebagai salah satu sumber nutrisi ketika dalam fase menyusui Si Kecil.

Salah satu manfaat dari mengonsumsi susu kedelai memang dapat memperlancar ASI karena kandungan nutrisi di dalamnya. Meski begitu, mengonsumsi susu kedelai saja tentu tidak akan cukup dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui yang tentu cakupannya lebih luas.

Apalagi tidak semua ibu menyusui bisa konsisten untuk mengonsumsi susu kedelai setiap hari. Pastinya ada rasa bosan yang memang sewajarnya di rasakan oleh ibu menyusui. Maka dari itu, Bunda membutuhkan pelengkap nutrisi tambahan yang bisa memaksimalkan dan melengkapi nutrisi dari susu kedelai untuk ibu menyusui.

Untuk menjawab hal itu, Fitbumin Vilaktin hadir sebagai solusi praktis dalam mencukupi nutrisi dan melancarkan ASI pada ibu menyusui yang dapat dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Terdapat kandungan nutrisi berupa protein tinggi, zat besi tinggi, asam folat, hingga serat yang memang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Dari bahan baku alami pilihan yang diproses secara terstandar modern, Fitbumin Vilaktin menjamin bahwa nutrisi di dalam tetap terjaga baik. Dengan mengonsumsi Fitbumin Vilaktin dan susu kedelai, Bunda dapat memaksimalkan kelancaran dan kualitas ASI untuk Si Kecil!

Itulah ulasan tentang 6 manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui yang juga dapat melancarkan ASI Bunda. Untuk mendapatkan dan membeli Fitbumin Vilaktin, Bunda bisa klik tautan berikut ini!