Solusi ASI Seret! Ini Rekomendasi 6 Makanan Pelancar ASI bagi Ibu Menyusui

Makanan pelancar ASI – Bagi Bunda yang sedang menyusui, kondisi ASI yang lancar dan berlimpah tentu menjadi sesuatu yang diharapkan. Meski begitu, pada kenyataannya tidak semua ibu menyusui memiliki kondisi produksi ASI yang lancar atau ASI seret.

Gambar 1 - Makanan Pelancar ASI bagi Ibu Menyusui
Ilustrasi Ibu Menyusui Memberikan ASI | Gambar: Freepik/Freepic.diller

Persoalan ini tentunya dapat membuat Bunda menjadi cemas dan khawatir, bukan? Ya, hal tersebut memang wajar Bunda rasakan karena pentingnya ASI sebagai makanan dan minuman utama bagi bayi yang baru lahir agar dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Nah, dari hal tersebut maka tidak heran jika banyak dari para ibu yang ingin mencari tahu tentang ragam makanan pelancar ASI untuk dikonsumsi. Untuk Bunda ketahui, pentingnya peran ASI bagi bayi juga sejalan dengan Kementerian Kesehatan RI yang menyatakan bahwa ASI eksklusif  sangat penting bagi bayi di bawah 6 bulan dan pemberian ASI sampai umur 24 bulan atau 2 tahun dapat mendukung 1000 hari pertama kehidupan anak.

Baca Juga: Perlu Dicatat! Ini 10 Ragam Asupan Nutrisi Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas

Ragam Nutrisi yang Dibutuhkan bagi Ibu Menyusui

Kelancaran produksi ASI sejalan dengan asupan nutrisi yang diterima Bunda saat fase menyusui. Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan, ketika dalam fase menyusui Bunda membutuhkan asupan nutrisi seperti protein untuk proses sintetis hormon prolaktin (untuk memproduksi ASI) dan hormon oksitosin (untuk mengeluarkan ASI).

Disamping itu, terdapat zat gizi mikro yang juga dibutuhkan Bunda saat menyusui seperti zat besi, asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, vitamin C, vitamin D, iodium, zink dan selenium. Apabila kebutuhan nutrisi dan zat gizi tersebut tidak terpenuhi dengan baik pada diri Bunda maka dapat mengakibatkan kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan menjadi berkurang, loh, Bunda.

Makanan Pelancar ASI bagi Ibu Menyusui agar ASI Lancar

Makanan memang menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui untuk memperlancar ASI. Nah, tentu Bunda bertanya apa saja sih jenis makanan yang bisa melancarkan produksi ASI? Ayo, Bunda simak ulasan ragamnya di bawah ini:

1. Ikan Gabus, Tinggi Kandungan Protein dan Albumin

Ilustrasi Makanan Pelancar ASI Ikan Gabus
Ilustrasi Sup Ikan Gabus | Gambar: Cookpad.com/@Omega_eatery

Ikan air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia ini ternyata menyimpan banyak manfaat dan kegunaan, loh, Bunda. Ya, dibalik penampilan kepalanya yang mirip ular, ikan gabus ternyata memiliki kandungan protein dan albumin yang tinggi sehingga bagus bagi kelancaran ASI ibu menyusui serta kesehatannya.

2. Daun Katuk, Bermanfaat untuk Memperlancar ASI

Makanan pelancar ASI selanjutnya ialah daun katuk. Sayuran ini memang sudah sangat populer di kalangan ibu-ibu sebagai salah satu bahan makanan untuk memperbanyak atau melancarkan ASI. Kandungan zat besi, asam folat, protein, vitamin, dan mineral pada daun katuk dapat membantu Bunda mencukupi kebutuhan saat fase menyusui sehingga ASI menjadi lancar.

3. Bayam, Memiliki Kandungan Zat Besi yang Baik bagi Ibu Menyusui

Gambar 2 - Makanan Pelancar ASI bagi Ibu Menyusui
Ilustrasi Sayur Bayam | Gambar: Pixabay/ANUGRAHADWITAMA

Selain katuk, sayuran bayam juga dapat menjadi pilihan makanan Bunda yang ingin produksi ASInya berlimpah. Zat besi dan asam folat pada sayur bayam bermanfaat untuk membantu produksi sel-sel darah merah pada tubuh Bunda. Kekurangan Zat besi dapat mengakibatkan terjadinya penyakit anemia atau kekurangan darah yang berdampak pada kesehatan Bunda.

4. Rumput Laut, Kaya akan Serat

Rumput laut dapat menjadi makanan pelancar ASI bagi ibu menyusui selanjutnya. Melansir Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan serat yang tinggi. Bahkan, asam amino, vitamin, dan mineralnya lebih tinggi dibanding tanaman darat. Maka dari itu, rumput laut juga dapat dikonsumsi oleh Bunda untuk memperlancar ASI dan mengatasi konstipasi (sembelit) saat hamil.

5. Buah Alpukat, Asam Folat untuk Kualitas ASI

Gambar 3 - Alpukat
Ilustrasi Buah Alpukat untuk Memperlancar ASI | Gambar: Freepik/Jcomp

Rasanya yang enak membuat buah alpukat digemari untuk dijadikan jus oleh masyarakat Indonesia. Bunda pasti pernah bukan meminum jus alpukat? Ya, buah satu ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cocok untuk memperlancar ASI ibu menyusui, lho, Bun. Kandungan asam folat, lemak sehat, vitamin, dan mineral pada alpukat dapat meningkatkan kualitas ASI Bunda bagi si buah hati.

6. Kacang Hijau, Kaya Karbohidrat Kompleks dan Vitamin

Kacang hijau menjadi makanan pelancar ASI bagi ibu menyusui yang terakhir di pembahasan kali ini. Seperti Bunda sudah ketahui, kacang hijau memang populer untuk diolah menjadi susu kacang hijau yang segar untuk diminum. Selain itu, ternyata kacang hijau memiliki kandungan yang tidak bisa diremehkan. Diketahui bahwa kacang hijau memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat kompleks, vitamin, protein, lemak baik, mineral, dan asam folat tinggi untuk Bunda menyusui.

Baca Juga: ASI Bunda Sedikit? Coba Konsumsi 8 Buah untuk ASI Booster bagi Ibu Menyusui

Pilihan Pelengkap Nutrisi Makanan untuk Melancarkan ASI dengan Bahan Baku Alami yang Patut Bunda Coba!

Setelah mengetahui beragam makanan pelancar ASI tentunya Bunda jadi semakin tahu bahwa makanan-makanan tersebut pastinya mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Kelengkapan dan kecukupan nutrisi merupakan salah satu kunci agar ASI yang Bunda hasilkan berlimpah dan berkualitas. Sebagai solusi praktis, Fitbumin Vilaktin hadir menjadi pilihan pelengkap nutrisi makanan untuk melancarkan ASI dengan bahan baku alami terstandar modern bagi Bunda.

Untuk mempermudah asupan Bunda, Fitbumin Vilaktin dibuat dari bahan-bahan baku makanan yang dapat memperlancar ASI Bunda yaitu ekstrak ikan gabus yang tinggi protein dan albumin, rumput laut yang kaya akan serat, bayam yang memiliki kandungan zat besi, dan daun katuk yang memiliki kandungan bersifat laktagogum untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Kandungan protein tinggi dari ekstrak ikan gabus dibutuhkan ibu menyusui untuk meningkatkan kualitas ASI yang Bunda miliki. Dengan ASI yang berkualitas maka bayi dan anak yang masih dalam fase menyusu dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal.

Demikian ulasan tentang rekomendasi 6 makanan pelancar ASI bagi ibu menyusui untuk Bunda ketahui agar ASI tidak seret. Untuk mendapatkan dan membeli Fitbumin Vilaktin bisa Bunda klik tautan berikut ini!

Segera beli Fitbumin Vilaktin karena terdapat diskon promo bulan ini untuk membuat ASI Bunda menjadi lancar dan kental serta melimpah bagi si buah hati